PENGERTIAN EMPLOYEE TURNOVER

By On Thursday, February 27th, 2014 Categories : Review

Jumlah karyawan yang meninggalkan atau keluar dari pekerjaannya, baik atas kemauan sendiri maupun karena dipecat, pa­da suatu kurun waktu. Jumlah itu di Indonesia tiap tahun secara nasional maupun regional belum terca­tat dalam statistik Tenaga Kerja Indonesia. Tetapi pa­da umumnya organisasi perusahaan menengah dan be­sar yang sudah mengatur administrasi personalianya mempunyai catatan atau statistik jumlah turnover yang terjadi dalam organisasi tiap tahunnya.
Laju turnover yang terlalu tinggi dapat membaha­yakan kelangsungan perusahaan. Bila ini terjadi, pim­pinan organisasi perlu mengadakan pengamatan atau penelitian serius untuk mengetahui penyebabnya ser­ta mengambil tindakan perbaikan untuk mencegah ter­jadinya turnover lebih lanjut.
Ada berbagai faktor, baik langsung maupun tak langsung, yang dapat menjadi penyebab tingginya laju turnover: (1) faktor seleksi; (2) faktor lingkungan ker­ja; (3) faktor pekerjaan; (4) faktor gaji dan jaminan sosial; (5) faktor promosi; (6) faktor supervisi.
Turnover dapat mengakibatkan kerugian bagi per­usahaan antara lain yang paling serius adalah kehi­langan karyawan-karyawan “kunci,” yang kadang- kadang dapat berakibat fatal bagi perusahaan. Selain itu, adanya turnover dapat mengakibatkan tertunda­nya proyek, dan ini biasanya menyebabkan kerugian material. Akibat lain adalah timbulnya keresahan di antara karyawan yang tinggal.

PENGERTIAN EMPLOYEE TURNOVER | ok-review | 4.5