PENGERTIAN EMPIRE STATE BUILDING

By On Thursday, February 27th, 2014 Categories : Review

Gedung pencakar langit di New York yang tingginya 381 meter. Karena de­presi yang melanda Amerika Serikat, gedung yang di­rencanakan selesai pada akhir tahun 1920-an ini, ba­ru selesai pada tahun 1930. Presiden Herbert Hoover dan Gubernur New York, Alfred E. Smith, meresmi­kan pemakaian gedung ini pada tanggal 1 Mei 1931.
Sebelum tahun 1972, gedung dengan 6.400 jendela ini merupakan gedung tertinggi di dunia. Di puncak menara pernah tercatat angin dengan kecepatan 300 kilometer per jam, sehingga menyebabkan gedung be­ton itu bergoyang sekitar 2 sentimeter. Pada tahun 1950 ditambahkan menara televisi seberat 70 ton di puncak gedungnya, sehingga tingginya menjadi 448,7 meter. Gedung yang direncanakan untuk bangunan perkantoran ini dirancang oleh perusahaan Shreve, Lamb, dan Harrison.
Meskipun beberapa pencakar langit yang dibangun kemudian lebih tinggi dari Empire State Building, ge­dung ini tetap populer dalam ingatan manusia seba­gai lambang kecakapan manusia dalam membangun, dan sebagai lambang terpenting kota New York. Pen­cakar langit ini berdiri di antara 34th Street dan Fifth Avenue, bekas tempat Hotel Waldorf-Astoria.
Berjuta-juta orang, termasuk para presiden dan raja berbagai negara, telah mengunjungi gedung ini. Ham­pir seluruh kota New York dapat dilihat dari bangun­an ini.

PENGERTIAN EMPIRE STATE BUILDING | ok-review | 4.5