PENGERTIAN EMOSI

By On Thursday, February 27th, 2014 Categories : Psikologi

Ialah pengalaman atau keadaan jiwa sese­orang pada suatu saat yang ditandai adanya perasaan kuat dan mendalam akibat rangsangan dari dalam ataupun dari luar. Umumnya emosi memperlihatkan perubahan fisiologik tertentu, misalnya, denyut na­di, kenaikan suhu badan, bertambahnya kecepatan bernapas, dan kegiatan fisiologik lainnya.
Emosi bersifat alamiah serta wajar, dan ditemukan baik pada manusia maupun binatang. Emosi diper­lukan untuk mempertahankan diri. Emosi dapat men­dorong individu ke kegiatan lebih besar, baik kegiat­annya secara keseluruhan maupun kegiatan dalam satu atau beberapa hal saja. Ada enam reaksi emosi da­sar, yaitu heran, takut, muak-benci, marah senang, dan sedih. Beberapa reaksi emosi dasar ini dapat tam­pil dalam bentuk gabungan. Umumnya reaksi dasar ini dianggap sebagai reaksi yang ditimbulkan karena suatu stimulus dalam lingkungan individu atau dalam diri pribadi individu, misalnya ingatan akan sesuatu. Jika kepribadian individu bertambah dewasa, stimu­lus tertentu tidak lagi menimbulkan reaksi sehebat sebelumnya.
Dalam kenyataan, tidak benar bahwa suatu emosi tertentu harus dilahirkan secara tertentu pula. Dalam berbagai lingkungan kebudayaan, sebagian perasaan harus dipelajari terlebih dahulu. Dalam ilmu kedokter­an yang berorientasi psikosomatik, peranan emosi, terutama akibat fisiologiknya, diperhatikan dengan saksama, karena dianggap dapat menjadi sumber gangguan fisik tertentu. Setiap manusia memiliki emo­si, tetapi banyak psikolog beranggapan, bahwa ma­nusia dilahirkan tanpa emosi. Mereka berpendapat bahwa anak-anak belajar emosi seperti orang belajar membaca atau menulis. Anak yang sedang berkem­bang belajar emosi sebagaimana mereka belajar ba­gaimana harus berbuat dalam situasi tertentu.
Ekspresi emosi dipengaruhi oleh faktor budaya, ni­lai yang tertanam, dan dapat berubah melalui pen­didikan, kebiasaan dan latihan. Pengaruhnya dapat menghambat atau melepas ekspresi verbal atau mo­torik, sesuai atau tidak sesuai dengan apa yang di­rasakan individu.

PENGERTIAN EMOSI | ok-review | 4.5