PENGERTIAN EMBQLISME

By On Thursday, February 27th, 2014 Categories : Kesehatan

Adalah penyumbatan sistem kardio­vaskular yang dapat terjadi di berbagai bagian tubuh oleh massa asing {embolus) yang dibawa ke tempat tersebut oleh aliran darah. Bagian terbesar embolus merupakan sebagian atau seluruh trombus yang ter­lepas, maka sebutannya tromboembolisme. Yang le­bih jarang terjadi adalah embolisasi oleh butiran lemak, gelembung udara atau gas yang tak larut, embolus kolesterol, pecahan tumor, bagian sumsum tulang, atau zat asing lainnya, misalnya peluru yang dapat masuk melalui aliran darah.
Embolisme dapat terjadi dalam sistem vena atau arteri. Lebih kurang 95 persen embolus pada vena tim­bul dari trombus di pembuluh vena tungkai. Salah satu bentuk embolisme yang paling serius ialah embolisme paru-paru yang merupakan lebih kurang 15 persen pe­nyebab kematian primer atau sekunder pasien yang dirawat di rumah sakit. Fatal tidaknya embolisme paru-paru ini bergantung pada ukuran pembuluh yang tersumbat dan status sistem kardiovaskuler pasien. Embolus yang besar sering fatal, karena dapat me­nyebabkan sumbatan mekanik dan beban berat pada jantung kanan, atau menyebabkan kekurangan oksi­gen berat yang mendadak.
Embolisme lemak sering timbul sesudah terjadi pa­tah tulang panjang karena sumsum tulang seperti ini banyak mengandung lemak. Kadang-kadang emboli lemak dapat terjadi karena trauma jaringan lunak dan luka bakar. Keadaan ini sering tidak menunjukkan ke­lainan klinik. Apabila ditemukan gejala dan tanda- tanda klinik, biasanya emboli muncul sebagai kum­pulan gejala gangguan paru-paru atau susunan saraf pusat. Salah satu bentuk embolisme gas yang khusus ialah penyakit caisson atau penyakit dekompresi yang ditemukan pada penyelam laut dalam, pekerja-pekerja konstruksi di bawah air dan orang-orang dalam ka­pal terbang yang tak disesuaikan tekanannya.

PENGERTIAN EMBQLISME | ok-review | 4.5