PENGERTIAN EMBOSING

By On Thursday, February 27th, 2014 Categories : Ilmu Alam

Salah satu teknik mencetak-tekankan pola relief pada bahan lembaran yang fleksibel seperti kertas, kulit, karet, plastik, dan logam; juga pada tekstil.
Desain dan tekstur relief pada beberapa jenis ker­tas dinding, serbet kertas, kertas surat, jas hujan plastik dan tutup jok mobil biasanya dicapkan dengan teknik embosing ini. Demikian pula sampul dan jilid buku, piring perak, dan kain hias. Teknik itu begitu canggih, sehingga kulit pohon dapat ditiru pada ker­tas dinding, dan plastik atau belulang sapi dapat dibentuk menjadi mirip sekali dengan kulit buaya.
Berbeda dengan teknik relief lain, embosing dila­kukan dengan mesin. Bahan diapit di antara dua lem­peng. Muka lempeng yang satu berpola timbul, se­dangkan muka lempeng yang lain berpola tepat sama tetapi terukir ke dalam. Kedua lempeng itu ditangkup­kan dengan tepat, kemudian ditekan. Maka bahan akan memperoleh pola sesuai dengan pola cetak itu.
Untuk bahan yang tak sinambung digunakan satu lempeng baja, sedangkan lempeng lainnya terbuat dari bahan yang lebih luwes, misalnya kertas mampat. Un­tuk bahan sinambung seperti kertas dinding gulungan, digunakan sepasang silinder cetak (roller).
 

PENGERTIAN EMBOSING | ok-review | 4.5