PENGERTIAN ELASTISITAS PERMINTAAN SILANG

By On Wednesday, December 4th, 2013 Categories : Ekonomi

CREEPING INFLATION / TINGKAT INFLASI YANG KECIL adalah kenaikan kecil dari tingkat harga- harga umum dalam suatu perekonomian. Lihat INFLATION, HYPERINFLATION.
CROSS-ELASTICITY OF DEMAND / ELASTISITAS PERMINTAAN SILANG adalah ukuran reaksi permintaan terhadap suatu barang sebagai akibat perubahan harga barang lain. elastisitas 0/o perubahan jumlah permintaan untuk brg A , . silang = % perubahan harga dari barang A dari permintaan r Produk dapat dianggap sebagai subsitusi antara yang satu dengan yang lainnya dalam kasus di mana meningkatnya harga barang B (teh, sebagai contoh) cenderung akan meningkatkan jumlah permintaan untuk barang A (kopi, sebagai contoh). Dalam hal ini elastisitas silang permintaan adalah positif selama kenaikan harga barang B mengakibatkan lebih banyak membeli barang A dari pada barang B yang lebih mahal. Alternatif lain, produk dapat dianggap oleh konsumen sebagai komplemen, yang diminta secara bersamaan dalam kasus di mana kenaikan harga barang B (sebagai contoh, teh) cenderung akan menurunkan bukan saja permintaan untuk barang B tetapi juga untuk barang lain A (sebagai contoh, gula). Dalam hal ini elastisitas silang permintaan adalah negatif, karena kenaikan harga barang B mengakibatkan turunnya permintaan untuk barang A.
Tingkat subsitusi antara produk digambarkan oleh besarnya elastisitas silang. Jika suatu kenaikan yang kecil dari harga barang B mengakibatkan peningkatan jumlah permintaan yang sangat besar pada barang A (elastis silang yang tinggi) maka barang A dan B adalah barang subsitusi. Dengan cara yang sama, tingkat komplementer produk digambarkan oleh besarnya ukuran elastisitas silang. Jika kenaikan kecil harga barang B mengakibatkan penurunan permintaan barang A dalam jumlah yang cukup besar, maka barang A dan B adalah komplemen.
Elastisitas silang memberikan suatu gambaran yang berguna untuk melihat tingkat subsitusi dari produk, sehingga membantu menentukan “batas pasar. Kelompok produk dengan elastisitas silang permintaan yang tinggi merupakan pasar tersendiri. Tidak perduli bagaimana karakteristik teknik pembuatannya. Sebagai contoh, jam tangan mekanik dan jam tangan elektronik bagi konsumen merupakan barang subsitusi. Lihat MARKET.

PENGERTIAN ELASTISITAS PERMINTAAN SILANG | ok-review | 4.5