PENGERTIAN EKSPLOITASI SOSIAL

By On Wednesday, February 26th, 2014 Categories : Sosiologi

Penguasaan atau dominasi suatu pihak terhadap pihak lain, yang mungkin ter­diri atas golongan masyarakat, kelas sosial, atau individu. Dalam suatu eksploitasi sosial, hubungan so­sial yang terjadi tidak seimbang, karena ada pihak yang lebih untung atas pengorbanan pihak lain. Aki­batnya, pihak yang untung akan memperoleh kedu­dukan sosial yang bertambah kuat.
Dalam hubungan yang berbentuk eksploitasi, sa­lah satu pihak memanfaatkan pihak lain bagi kepen­tingannya. Dalam bidang pertanian, misalnya, sistem ijon sangat merugikan pihak petani yang mengijon­kan hasil usaha taninya, sementara pihak pemilik uang makin kuat kedudukannya. Para petani yang meng­ijonkan hasil usaha taninya biasanya petani gurem, sedangkan pemilik uang terdiri atas orang kaya yang biasanya memiliki lahan luas di daerah pedesaan. Sistem ijon seperti ini sekarang sudah tidak dibenar­kan.
Hubungan bapak-anak buah seperti yang terdapat di kalangan masyarakat desa dapat menjurus ke arah bentuk hubungan eksploitasi sosial. Sekalipun para anak buah memperoleh rasa aman, antara lain dengan jaminan sumber nafkah dari bapak, jika anak buah dimanfaatkan sang bapak untuk memperoleh dan memperkuat kedudukan, bentuk hubungan demikian dapat dipandang sebagai eksploitasi sosial.

PENGERTIAN EKSPLOITASI SOSIAL | ok-review | 4.5