PENGERTIAN EFISIENSI PRODUKSI DAN PRODUKTIVITAS

By On Tuesday, January 21st, 2014 Categories : Ekonomi

PRODUCTIVE EFFICIENCY / EFISIENSI PRODUKSI adalah sebuah aspek dari KINERJA PASAR (MARKET PERFORMANCE) yang menunjukkan efisiensi suatu pasar dalam memproduksi produk-produk pada biaya yang serendah mungkin dalam jangka panjang dengan menggunakan teknologi yang ada. Efisiensi produksi tercapai apabila output diproduksi dalam pabrik dengan skala optimal dan terdapat suatu keseimbangan antara penawaran dan permintaan pasar jangka panjang. Lihat Gambar 144.
Lihat juga MINIMUM EFFICIENT SCALE, TECHNOLOGICAL PROGRESSIVENESS, EX¬CESS CAPACITY, RATIONALIZATION.
PRODUCTIVITY / PRODUKTIVITAS adalah hubungan antara output dari suatu unit ekonomi dan MASUKAN FACTOR (FACTOR INPUTS) yang telah digunakan dalam memproduksi output tersebut. Produktivitas biasanya diukur menurut output per jam tenaga kerja, untuk memudahkan pebandingan antar perusahaan, antar idustri, dan antar negara. Suatu peningkatan produktivitas terjadi apabila output per jam tenaga kerja meningkat. Sumber-sumber utama peningkatan-peningkatan produktivitas adalah penggunaan PERSEDIAAN MODAL (CAPITAL STOCK) yang lebih besar dan lebih baik (lihat CAPITAL WIDENING DAN CAPITAL DEEPENING). Sifat penting ini dapat digambarkan dalam tiga tahap, sebagai berikut, (a) Pada awalnya, umpamakan bahwa perakitan dari sebuah mobil dilakukan dengan intensif tenaga keija; dan diperlukan suatu tim yang terdiri dari 10 orang yang bekerja dengan sejumlah modal yang minimal (hanya alat pengukur dan obeng) untuk merakit sebuah mobil dalam satu hari. (b) sekarang perusahaan tersebut melakukan investasi dalam perlengkapan atau alat pengangkat hidrolik (PENDALAMAN MODAL (CAPITAL DEEPENING) ) dan alat ini memotong sejumlah besar waktu dalam menyatukan bagian-bagian dalam perakitan, menurunkan waktu sebesar sepersepuluh dari waktu kerja satu hari yang diperlukan untuk penyelesaian rakitan. Dengan demikian, dengan jumlah orang yang sama, sekarang dapat diselesaikan 10 mobil rakitan dalam satu hari, dan produktivitasnya me¬ningkat sampai sepuluh kali lipat, (c) Perusahaan tersebut memperkenalkan suatu aliran lini perakitan yang menerus dengan menggunakan masin-mesin yang dikendalikan secara otomatis (termasuk pendalaman modal juga), yang dapat dilakukan oleh satu orang. Output meningkat sampai 50 mobil dalam satu hari, dengan demikian produktivits dari orang yang tinggal telah meningkat dari 1 mobil dalam satu hari (sepersepuluh bagian dari 10 mobil) menjadi 50 mobil.
Hal yang sama pentingnya, 9 orang telah “dibebaskan” dari tim yang bersangkutan. Mereka juga dapat dipekerjakan pada perakitan otomatis yang sama (perluasan modal), di mana total output dari 10 orang tersebut sekarang menjadi 500 mobil per jam (10 x 50), dibandingkan dengan hanya 50 mobil sebelumnya. Alternatif lain, mereka dapat dipekerjakan di luar industri mobil tersebut, dan dapat membantu meningkatkan out¬put dalam sektor-sektor ekonomi yang lain. Produktivitas yang meningkat memberikan konstribusi yang penting pada pencapaian tingkat PERTUMBUHAN EKONOMI (ECONOMIC GROWTH) yang lebih tinggi. Lihat JOB, CAPITAL-OUTPUT RATIO, SPECIALIZATION, QUALITY CONTROL, RESTRICTIVE LABOUR PRACTICE, WORK STUDY, X-INEFFICIENCY, ORGANIZATIONAL SLACK, SUPPLY-SIDE ECONOMICS, COLLECTIVE BARGAINING.

PENGERTIAN EFISIENSI PRODUKSI DAN PRODUKTIVITAS | ok-review | 4.5