PENGERTIAN EFEK PERSEDIAAN

By On Thursday, January 23rd, 2014 Categories : Ekonomi

STOCK / EFEK PERSEDIAAN adalah 1. bagian dari AKTIVA (ASSETS) perusahaan yang dipegang dalam bentuk bahan-bahan mentah, setengah jadi, dan barang-barang jadi. Aktiva-aktiva ini juga dikenal sebagai PERSEDIAAN (IIWENTORIES) . Barang- barang jadi dipegang dalam bentuk persediaan untuk menjamin bahwa barang selalu tersedia apabila dibutuhkan oleh langganan. Bahan mentah dan komponen menjadi persediaan untuk mencegah gangguan terhadap produksi yang disebabkan oleh kekurangan bahan atau komponen, serta untuk melindungi ekonomi perusahaan dari pembelian dalam jumlah besar. Tingkat di mana perusahaan mengakumulasikan dan menghapuskan persediannya akan mempengaruhi (lihat STOCK CONTROL) guncangan-guncangan dalam kegiatan ekonomi (lihat BUSINESS CYCLE). Walaupun peningkatan dan penurunan dalam pengoperasian persediaan pada prinsip PERCEPATAN (ACCELEHATOR) sama seperti pada investasi modal, keputusan pada tingkat mana persedian ditahan tidak seluruhnya berada di tangan pengusaha. Investasi di luar perkiraan mungkin terjadi ketika permintaan berubah menjadi kurang atau lebih rendah dari harapan seorang produsen, sehingga persediaan melonjak selama penurunan siklus usaha (lihat INVENTORY INVESTMENT).
2. sebuah SURAT BERHARGA KEUANGAN (FINANCIAL SECURITY) yang dikeluarkan PERUSAHAAN JOIN SAHAM (JOINT-STOCK COMPANY) atau oleh pemerintah sebagai suatu alat untuk meningkatkan modal jangka panjang. Di beberapa negara (misalnya, Amerika Serikat) para pemegang efek sama dengan pemegang saham, dan merupakan pemilik dari perusahaan. Di negara-negara yang lain (misalnya Inggris) efek adalah suatu bentuk yang dapat diperjualbelikan, bunga tetap, UTANG (DEBT), dan para pemegang efek merupakan pemberi pinjaman untuk perusahaan dan karenanya pemegang efek tidak sama kedudukannya dengan pemegang saham. Efek diperdagangkan pada BURSA EFEK (STOCK EXCLTANGE) . Lihat SHARE CAPITAL.
3. suatu ukuran kuantitas pada suatu waktu tertentu. Tidak seperti suatu ARUS (FLOW) , persediaan bukan merupakan fungsi dari waktu. Analogi untuk menggambarkannya yaitu antara sebuah tangki yang bermuatan sejumlah air tertentu, dan air yang masuk dan keluar dari tangki tersebut sebagai arus air permenit.

PENGERTIAN EFEK PERSEDIAAN | ok-review | 4.5