PENGERTIAN EFEK FOTOLISTRIK

By On Monday, March 17th, 2014 Categories : Review

Gejala terpentalnya elektron dari permukaan logam bila permukaan itu disinari ca­haya tertentu. Banyaknya elektron berbanding lurus dengan intensitas cahaya. Tetapi energi maksimum elektron ternyata tidak bergantung pada intensitas ca­haya, padahal teori gelombang elektromagnetik meramalkan ketergantungan ini. Energi maksimum itu ternyata malahan bergantung pada frekuensi cahaya yang digunakan.
Einstein mengemukakan makalah pada tahun 1905 untuk menerangkan efek ini. Untuk itu ia memenang­kan Hadiah Nobel 1921 dalam bidang fisika. Dalam penjelasannya, Einstein menggunakan teori kuantum Planck. Dikemukakan bahwa satu elektron yang ter­pental menyerap energi satu foton. Energi tersebut di­gunakan untuk membebaskan elektron ini dari suatu ikatan, dan sisanya menjadi energi kinetik elektron itu. Bila energi ikatan ini minimum atau nol, energi kinetik elektron akan mencapai nilai maksimum. Mengukur nilai maksimum tidak sukar dalam prak- tik, yakni dengan mengukur voltase yang tepat me­ngalahkan berkas elektron itu.
Peranti yang bersangkutan disebut sel fotoemisif dan banyak digunakan, misalnya dalam detektor ca­haya, “mata listrik” kamera potret, kamera video, dan kamera televise.

PENGERTIAN EFEK FOTOLISTRIK | ok-review | 4.5