PENGERTIAN EFEK DOPPLER

By On Tuesday, February 25th, 2014 Categories : Ilmu Alam

Geseran semu frekuensi gelombang di mata pengamat, yang bergantung pada gerak relatif antara pengamat dan sumber gelombang itu. Efek yang pertama kali diterangkan oleh Christian Johann Doppler (fisikawan dan matematikawan Austria, 1803—1853) ini berlaku untuk semua jenis gejala gelombang, misalnya gelombang air, suara, dan cahaya.
Yang paling dikenal ialah perubahan nyaringnya peluit lokomotif yang bergerak melewati kita. Suara peluit itu terdengar nyaring (frekuensi lebih tinggi) ketika lokomotif mendekati kita, dan kurang nyaring (frekuensi letih rendah) ketika lokomotif menjauhi kita. Contoh lain ialah bergesernya warna bintang ke arah biru bila bintang itu bergerak ke arah kita, dan bergeser ke arah merah bila bintang itu bergerak menjauhi kita. Gejala geseran itu juga terjadi pada frekuensi gelombang radio yang dipancarkan oleh awan gas hidrogen dalam Bimasakti.
Penerapan efek Doppler yang paling spektakuler adalah dalam astronomi; dengan cara ini antara lain dapat diperkirakan kecepatan gerak bintang relatif terhadap matahari. Dengan menggunakan gelombang radio (radar), polisi dapat menghitung kecepatan mobil, sehingga dapat memperingatkan pengemudinya bila ia mengendarai mobilnya terlalu cepat.

PENGERTIAN EFEK DOPPLER | ok-review | 4.5