PENGERTIAN EDITOR

By On Tuesday, February 25th, 2014 Categories : Review

Sebuah majalah berita mingguan di Jakarta yang menjelang kelahirannya dihebohkan dalam pe­nerbitan media pers karena para pemrakarsanya ada­lah mantan staf tiga majalah yang hampir serentak meninggalkan majalah-majalah tersebut. Ini merupa­kan perpindahan staf penerbitan pers dalam jumlah terbesar yang pernah terjadi dalam sejarah pers di Indonesia.
Sekitar 50 anggota staf, yang kebanyakan dari ba­gian redaksi, pada bulan Juli 1987 berhenti dari satu kelompok penerbitan pers yang terdiri atas Tempo, Swasembada, dan Matra, untuk menerbitkan Editor. Termasuk di antara mereka beberapa koresponden majalah berita mingguan Tempo dari perwakilan- perwakilan di daerah. Nomor perdana majalah ini ter­bit pada tanggal 29 Agustus 1987.
Para pemrakarsanya kebanyakan berasal dari Tem­po. Di antaranya Wakil Pemimpin Umum dan’Pe- mimpin Perusahaan Eddy Herwanto, Ketua Sidang Redaksi Syu’bah Asa (tetapi kemudian berhenti dari Editor pada awal April 1988), Wakil Ketua Sidang Re­daksi Saur Hutabarat, dan para Redaktur Pelaksana Surasono dan Marah Sakti. Mereka bekerja sama da­lam usaha menerbitkan majalah ini dengan para peng­usaha, seperti Bambang Prakoso Rachmadi sebagai Pemimpin Umum dan Pemimpin Perusahaan, M. Zaenal Arifin sebagai Wakil Pemimpin Umum dan Pemimpin Perusahaan bersama Eddy Herwanto, serta Bobby Arief Rudianto sebagai Pemimpin Redaksi.

PENGERTIAN EDITOR | ok-review | 4.5