PENGERTIAN EDISI

By On Tuesday, February 25th, 2014 Categories : Review

Dari kata Latin edere, mengeluarkan atau menerbitkan, berarti barang yang diterbitkan atau pe­nerbitan. Penerbitan ini dapat berupa buku, majalah, surat kabar, atau jenis-jenis penerbitan lainnya.
Dalam penerbitan buku dikenal edisi luks, yang di­bedakan dari edisi biasa. Edisi luks biasanya meng­gunakan karton tebal untuk sampul atau kulit buku, dan kadang-kadang memakai kertas yang lebih isti­mewa untuk halaman isi, sehingga harganya lebih ma­hal daripada edisi biasa. Ada pula edisi murah, yaitu cetakan ulang buku dalam bentuk lebih sederhana se­hingga harganya lebih murah. Dikenal pula edisi bu­ku saku, yang berukuran kecil sehingga mudah diba­wa ke mana-mana. Buku saku harganya lebih murah daripada edisi biasa karena pada umumnya menggu­nakan kertas bermutu rendah dan lembarannya tidak dijahit, melainkan direkat.
Dalam bahasa Latin, cetakan atau edisi pertama di­sebut editio princeps. Cetakan berikutnya, yang tidak mengalami perubahan isi dari edisi sebelumnya, dise­but editio stereotypa. Dalam penerbitan buku berba­hasa Indonesia di negeri ini, edisi pertama dan sete­rusnya disebut cetakan pertama, cetakan kedua, dan selanjutnya.
Dalam penerbitan pers seperti majalah dan surat kabar dikenal edisi khusus, yang diterbitkan untuk memperingati suatu peristiwa atau membahas masa­lah tertentu yang dianggap penting. Suatu penerbitan pers yang baru muncul kadang-kadang diawali bukan dengan edisi nomor satu, melainkan edisi perdana (di­sebut juga nomor perdana) sebagai perkenalan, yang sering diedarkan secara cuma-cuma.
Suatu surat kabar mungkin memiliki edisi nasio­nal yang diedarkan di seluruh negeri, di samping edisi daerah yang diedarkan di daerah tertentu. Isi edisi- edisi itu biasanya dibuat agak berlainan dalam bebe­rapa bagian dan rubrik agar sesuai dengan selera dan kepentingan para pembaca di tempat masing-masing. Pencetakannya dapat dilakukan di satu tempat, teta­pi dapat pula di kota yang berbeda.
Majalah seperti Time dan Newsweek, yang keduanya berpusat di Amerika Serikat, memiliki berbagai edisi menurut pembagian peta bumi. Pencetakannya dikerjakan di beberapa negeri, dengan isi dan bahkan iklan yang tidak seluruhnya sama. Penerbitan yang peredarannya luas seperti ini dengan demikian memi­liki edisi internasional yang dijual di manca negara, selain edisi nasional yang beredar di tanah airnya sendiri.
Di negara-negara maju, surat kabar harian yang beroplah besar biasanya diterbitkan dalam beberapa edisi setiap hari. Umpamanya, edisi pagi, siang, so­re, dan malam hari. Setiap edisi memuat beberapa be­rita paling hangat yang belum sempat dimuat dalam edisi sebelumnya, tetapi isi rubrik-rubrik tetap pada umumnya sama.
Dalam kosakata jurnalistik pers dikenal pula isti­lah bulldog edition, yaitu edisi pagi surat kabar yang isinya disiapkan sesudah pukul 12.00 tengah malam, atau edisi yang diterbitkan secara luar biasa.
 

PENGERTIAN EDISI | ok-review | 4.5