PENGERTIAN EDELWEIS

By On Tuesday, February 25th, 2014 Categories : Ilmu Alam

Suatu jenis tumbuhan tahunan yang berasal dari Pegunungan Alpen (Eropa), Himalaya (Asia), dan Andes (Amerika Selatan). Tingginya 5—30 sentimeter. Daunnya berbulu halus mirip wol dan ber- bentuk lanset. Bulu-bulu yang tumbuh pada permu­kaan atas daun akan luruh, sedangkan yang di bagian bawah tetap bertahan sepanjang musim. Bunganya merupakan bunga majemuk kecil-kecil, berwarna ku­ning, dan dikelilingi oleh daun pelindung berwarna putih.
Di Indonesia, misalnya di dataran tinggi Pegunung­an Dieng dan puncak Gunung Gede, terdapat sejenis tumbuhan yang disebut edelweis. Tumbuhan ini se­benarnya berbeda jenis dengan edelweis yang ditemu­kan di Eropa. Tinggi edelweis jawa ini dapat menca­pai 1,5 meter. Daunnya berwarna hijau muda keabu- abuan. Kumpulan bunganya yang berwarna kuning gading ini terletak di ujung tangkai tempat daun edel­weis membentuk krans.
Persamaan antara kedua jenis ini adalah bahwa ke­duanya hidup di dataran tinggi, yaitu kurang lebih 2.500 meter di atas permukaan laut, dan tahan lama bila disimpan kering.
Klasifikasi Ilmiah. Edelweis termasuk suku Compositae (sembung-sembungan). Nama ilmiah edelweis swis adalah Leontopodium alpinutn, sedangkan edelweis jawa Anaphalis javanicum.

PENGERTIAN EDELWEIS | ok-review | 4.5