PENGERTIAN EARLY BIRD

By On Tuesday, February 25th, 2014 Categories : Teknologi

Satelit komunikasi pertama milik International Telecommunications Satellite Organiza­tion (Intelsat), atau Organisasi Satelit Komunikasi Internasional. Peluncuran Early Bird yang bersejarah pada bulan April 1965 menunjukkan kegunaan sate­lit bagi telekomunikasi umum.
Satelit, yang juga dinamakan Intelsat I, ini ditem­patkan di atas Samudera Atlantik dekat pantai Bra­sil. Dengan daya pancar sekitar 11 watt, Early Bird dapat menghubungkan Eropa dan Amerika Utara me­lalui 240 saluran telefon dua arah dan satu saluran televisi.
Dua tahun kemudian, tahun 1967, diluncurkan ti­ga satelit Intelsat II yang seluruhnya ditempatkan di garis khatulistiwa, masing-masing di atas Samudera Hindia, Samudera Pasifik, dan Samudera Atlantik. Satelit-satelit itu diberi nama Lani Bird, Pacific Bird, dan Canary Bird. Ketiganya terutama dimaksudkan untuk melayani proyek Apollo dalam pendaratan ma­nusia di bulan. Jika tidak sedang digunakan dalam proyek tersebut, satelit-satelit tersebut dapat dipakai untuk melayani jaringan televisi internasional me­lalui satu saluran dan hubungan telefon melalui 240 saluran dua arah. Daya pancar Intelsat sebesar 18 watt.
Pada tahun-tahun selanjutnya, Intelsat meluncur­kan lagi sejumlah satelit komunikasi yang kapasitas­nya semakin besar. Intelsat III yang diluncurkan pa­da tahun 1968, umpamanya, berdaya pancar 160 watt dan dapat melayani jaringan telefon melalui 1.200 sa­luran. Intelsat IV, yang diluncurkan pada tahun 1971, berdaya pancar 3.000 watt dengan kapasitas 6.000 sa­luran telefon.
Dengan peluncuran satelit-satelit komunikasi yang kian besar kapasitasnya, Intelsat dapat semakin me­ningkatkan pelayanan lintas-samudera bagi jaringan telefon, siaran radio dan televisi, konferensi jarak jauh dengan video, serta transmisi faksimili, data dan te­leks. Intelsat dewasa ini memiliki 14 satelit komuni­kasi pada garis edar (orbit) geostasioner.
Lihat juga Communications Satellite Corpo­ration dan International Telecommunications Satellite Organization.

PENGERTIAN EARLY BIRD | ok-review | 4.5