PENGERTIAN DRAINASE

By On Tuesday, February 25th, 2014 Categories : Review

Dalam pertanian, menghindarkan tanah dari keadaan jenuh air dengan menghilangkan kelebihan air di dalamnya. Pengurangan air di dalam tanah dapat terjadi secara alami, termasuk karena menguap, diserap tanaman, dan meresap ke dalam tanah. Pada daerah yang mengandung terlalu banyak air, pengurangan secara alami itu tidak mencukupi untuk menghindarkan tanah dari keadaan jenuh.
Tumbuhan tidak tumbuh dengan sempurna di tanah yang jenuh air, karena tanah jenuh air menyebabkan akar tanaman membusuk. Sistem drainase digunakan untuk menghindarkan keadaan itu. Drainase juga dibutuhkan tanah-tanah pertanian yang menggunakan sistem irigasi. Air irigasi yang berasal dari sebuah waduk atau danau, umumnya lebih banyak
mengandung garam dibanding air sungai. Setelah ta-naman menggunakan air irigasi, garam-garam yang
dibawa air tetap tinggal dalam tanah pertanian dan menghambat pertumbuhan tanaman. Di sini, sistem drainase membuang kelebihan garam dalam tanah.
Ada dua sistem drainase yang sering digunakan, drainase permukaan dan drainase bawah. Drainase Permukaan merupakan sederet parit pendek berkedalaman 0,5 sampai 2 meter. Sistem ini mengalirkan air sebelum masuk terlalu jauh ke pori-pori tanah. Cara ini dipakai pada lahan datar dan bercurah hujan tinggi, tempat air cepat tergenang; juga pada tanah berpori halus, seperti tanah liat, yang tidak menyerap air dengan cepat.
Drainase bawah digunakan pada lahan pertanian yang memiliki air tanah dengan permukaan tinggi. Serangkaian pipa beton atau paralon ditanam pada kedalaman tertentu. Pipa berdiameter 10 – 25 sentimeter ini diberi lubang-lubang pada setengah lingkaran bagian atas, untuk masuknya air tanah ke dalam pipa. Pipa ditanam tiap 10 – 180 sentimeter. Di sekeliling pipa diberi lapisan kerikil untuk mencegah masuknya tanah. Penentuan jarak antara dan diameter pipa tergantung jenis tanah dan banyaknya air yang harus dibuang. Suatu sistem lain, yakni drainase yang meng-gunakan sumur dan pompa, jarang digunakan karena terlalu mahal.

PENGERTIAN DRAINASE | ok-review | 4.5