PENGERTIAN DRACUNCULUS MEDINENSIS

By On Tuesday, February 25th, 2014 Categories : Kesehatan

Suatu jenis cacing gilig yang disebut pula ular ganas dari Israel atau cacing Madinah. Cacing ini hanya ditemukan di daerah Timur Tengah, Afrika, Amerika Utara, dan RRC, tidak di Indonesia. Cacing dewasa betina panjangnya 70—120 sentimeter, sedangkan cacing jantan 12—29 milimeter. Cacing ini merupakan cacing gilig yang terpanjang.
Cacing dewasa hidup di dalam jaringan kulit dan di bawah kulit, yaitu di daerah tungkai atau lengan yang bersentuhan dengan air. Bila tiba waktunya untuk mengeluarkan larva, pada kulit bagian kepala cacing terbentuk benjolan kecil bergelembung yang kemudian memecah dan terjadi luka kecil. Bila tukak kulit tersebut terkena air, lekuk uterus cacing yang pecah akan mengeluarkan larva yang dapat bergerak di dalam air. Bila larva termakan oleh Cyclops, larva menjadi bentuk infektif. Inang definitif, seperti manusia, mendapat infeksi bila menelan Cyclops yang mengandung larva infektif.
Pencegahan dilakukan dengan melindungi sumber air minum. Untuk memberantas Cyclops dibubuhkan klor atau kupri sulfat ke dalam air. Obat yang efektif adalah tiabendazol, niridazol, dan trimelarsan.

PENGERTIAN DRACUNCULUS MEDINENSIS | ok-review | 4.5