PENGERTIAN DORMANSI

By On Tuesday, February 25th, 2014 Categories : Ilmu Alam

Dalam dunia tetumbuhan dan hewan, adalah keadaan istirahat dan tidak tumbuh (dari kata Latin dormine, tidur). Organisme yang bersangkutan tetap hidup, namun metabolismenya berada dalam keadaan tidak aktif. Hampir semua makhluk hidup, termasuk tumbuhan dan hewan tingkat tinggi, mengalami fase dormansi. Namun istilah dormansi lebih dikenal dalam dunia tumbuhan, sedangkan di dunia hewan tingkat tinggi dipakai istilah hibernasi.
Dormansi dapat menyebabkan pertumbuhan terhenti. Pada tumbuhan, hal ini dapat terjadi bila keadaan lingkungan tidak menguntungkan, umpamanya suhu terlalu rendah atau kekurangan unsur hara. Setelah kondisi yang diinginkan tumbuhan tersebut terpenuhi, dormansi pun berakhir.
Dalam keadaan dorman, biji tidak mampu berkecambah. Kulit biji menjadi kedap hingga membatasi pemasukan air dan oksigen. Dormansi pada tumbuhan berdaun luruh diatur oleh lamanya penerimaan sinar matahari. Dalam teknologi benih, dormansi dapat dihentikan dengan berbagai cara, di antaranya dengan mengubah kulit biji menjadi tidak kedap terhadap gas dan air atau memberikan suatu periode simpan yang aerobik dan lembap.
Lihat juga HIBERNASI.

PENGERTIAN DORMANSI | ok-review | 4.5