PENGERTIAN DISCOUNT / POTONGAN HARGA

By On Wednesday, December 4th, 2013 Categories : Ekonomi

DISCOUNT / POTONGAN HARGA adalah
1. pengurangan dari harga yang dikenakan pada suatu barang atau jasa yang diberikan oleh pemasok kepada pelanggan. Potongan harga dapat ditawarkan karena pembayaran yang cepat atau karena pembelian dalam partai yang besar. Potongan harga diberikan untuk memungkinkan pemasok mencapai volume penjualan yang besar yang akan meningkatkan SKALA EKONOMIS (ECONOMIES OF SCALE) ; atau dilakukan sebagai suatu strategi untuk mendapatkan kesetiaan langganan; atau dilakukan karena dipaksa oleh pembeli yang kuat. Lihat AGGREGATED REBATE, BULK BUYING.
2. penjualan SAHAM (STOCK and SHARE) baru dengan harga yang diturunkan. Di Inggris, hal ini meliputi harga saham baru di bawah harga nominalnya. Di negara-negara lain, di mana saham tidak mempunyai nilai nominal, maka hal ini berkaitan dengan penjualan saham baru dengan harga di bawah harga pasar yang sedang berlaku.
3. pembelian saham perusahaan tertentu dengan harga di bawah harga pasar yang berlaku secara rata-rata dibanding dengan harga saham perusahaan yang beroperasi dalam bidang yang sama. Harga tersebut menurun karena investor kurang optimis terhadap prospek perusahaan tersebut.
4. penurunan harga pada semua saham sebagai akibat dari penurunan kegiatan ekonomi.
5. pembelian surat-surat berharga SURAT PERINTAH UNTUK MEMBAYAR (BILL OF EXCHANGE), SURAT BERHARGA PEMERINTAH {TREASURY BIU) atau OBLIGASI (BOND) dengan harga di bawah nilai nominalnya. Obligasi dan surat hutang dapat ditebus pada waktu yang telah ditetapkan sebesar nilai yang tercantum dalam surat-surat berharga tersebut. Pembeli pertama membeli surat-surat berharga tersebut lebih rendah dari nilai nominalnya (potongan harga). Selisih antara harga yang dibayarkan dengan nilai nominalnya menggambarkan bunga yang diterima dari pinjaman yang dalam hal ini berupa surat-surat berharga. Jika pemilik surat-surat berharga menginginkan untuk menjualnya sebelum jatuh tempo maka dia harus menerima pembayaran kurang dari nilai nominalnya (walaupun lebih besar dari yang dia bayar untuk itu). Perbedaan antara harga yang dibayarkan saat membeli dengan harga yang diterima saat menjual sangat tergantung pada lamanya waktu sebelum jatuh tempo. Sebagai contoh, jika suatu obligasi dengan nilai nominal £1000 yang dapat ditebus setahun kemudian dan dibeli seharga £900, maka potongan harga yang £100 dalam penebusannya nanti menggambarkan tingkat bunga, yaitu £100/900 = 11.1% atas pinjaman.
6. pengertian lebih lanjut dari penurunan nilai mata uang asing di bawah NILAI TUKAR resmi dalam SISTEM NILAI TUKAR TETAP (FIXED EXCHANGE RATE SYSTEM)

PENGERTIAN DISCOUNT / POTONGAN HARGA | ok-review | 4.5