PENGERTIAN DINAMIKA KELOMPOK

By On Friday, February 21st, 2014 Categories : Psikologi

Dalam ilmu psikologi, mengandung dua pengertian. Pertama, dinamika kelompok adalah bidang psikologi sosial yang mempelajari sifat kelompok-kelompok, hukum-hukum perkembangannya, hubungan-hubungan antaranggotanya, proses-proses yang terjadi di dalamnya, antara lain proses interaksi, proses pengambilan keputusan, proses komunikasi, pengaruh berbagai gaya kepemimpinan.
Kedua, dinamika kelompok adalah sejumlah teknik yang bertujuan mengembangkan diri individu dalam berbagai macam keterampilan sosial yang diperlukannya agar dapat berfungsi sebaik-baiknya dalam pekerjaan, dalam rumah tangga, maupun dalam masyarakat. Teknik-teknik seperti ini, antara lain bermain peran, latihan menerima dan memberi umpan balik, pengambilan keputusan dalam kelompok, mula-mula dikembangkan oleh National Training Labora-tories di Bethel Maine Lewin dan telah diterapkan secara meluas di berbagai negara. Pada umumnya dinamika kelompok ini dinilai sebagai teknologi pendidikan orang dewasa yang cukup ampuh.
Tokoh yang dianggap sebagai perintis riset dinamika kelompok adalah Dr. Kurt Lewin, seorang ahli psikologi dan sosiologi Jerman Barat yang beremigrasi ke Amerika Serikat pada tahun 1932. Ia dibantu Darwin Cartwright dan Alvin Zondlcr. Menurut mereka, dinamika kelompok adalah “ilmu pengetahuan yang diabdikan untuk mempelajari perilaku kelompok, perkembangannya, serta hubungan antara kelompok dan tiap individu di dalamnya, antara kelompok dan kelompok lain, dan antara kelompok dan lembaga atau organisasi induknya.”
Studi tentang hal-hal di atas didorong oleh keinginan untuk mengetahui bagaimana hal-hal dan proses- proses tersebut terjadi atau berlangsung dalam suatu kelompok yang berfungsi dengan baik. Tidak berfungsinya suatu kelompok dengan baik merupakan salah satu masalah utama dalam suatu masyarakat.
Dalam pemerintahan dan dunia usaha, banyak perhatian dicurahkan kepada cara-cara meningkatkan produktivitas kelompok. Para pendidik dan pekerja sosial ingin tahu cara-cara menghadapi kelompok remaja di kota-kota besar. Beberapa contoh ini sudah menunjukkan betapa pentingnya mempelajari kelompok dan proses-proses’yang terjadi di dalamnya. Tujuan akhir studi tentang kelompok ini tentulah tetap dalam rangka pembangunan suatu masyarakat yang optimal.
Dalam manajemen, dinamika kelompok dinilai penting karena pengaruhnya pada pola kepemimpinan dan kerja sama kelompok dalam organisasi. Dalam dinamika kelompok, tiap individu, baik yang berperan sebagai pemimpin maupun sebagai anggota, dihargai sebagai unsur penting dalam kerja sama. Dengan demikian, keinginan alami tiap individu untuk dianggap penting dapat terpenuhi. kan dapat saling berhubungan secara efektif demi tercapainya sasaran kelompok dan organisasi.
Dengan memahami dinamika kelompok, manajemen dapat mendiagnosis, mengukur, dan meningkatkan hasil kerja tiap unit kerja dalam organisasinya.

PENGERTIAN DINAMIKA KELOMPOK | ok-review | 4.5