PENGERTIAN DIKTUM

By On Friday, February 21st, 2014 Categories : Review

Pokok isi suatu putusan pengadilan yang dibuat oleh majelis hakim atau hakim (tunggal) yang memeriksa suatu perkara di badan-badan peradilan seperti Pengadilan Negeri, Pengadilan Militer, Pengadilan Tinggi, dan Mahkamah Agung. Diktum dalam hukum pidana merupakan hasil pemeriksaan suatu perkara.
Isi putusan dapat merupakan suatu penghukuman, apabila yang didakwakan oleh penuntut umum terbukti secara sah dan meyakinkan, dalam arti seluruh unsur tindak pidana “dipenuhi” oleh terpidana. Putusan dapat pula berupa pelepasan dari segala tuntutan hukum, apabila yang didakwakan oleh penuntut umum terbukti, namun ada hal-hal pemaaf {dasar penghapus pidana), misalnya bila tindak pidana tersebut dilakukan karena membela diri. Putusan dapat pula berupa pembebasan dari segala dakwaan, apabila yang didakwakan penuntut umum tidak terbukti.
Diktum dapat pula berarti hal-hal yang diatur di dalam pasal-pasal suatu peraturan perundang-undang- an. Suatu peraturan dapat dibagi atas: (a) bagian pertimbangan dikeluarkannya peraturan tersebut, yang disebut konsiderans; (b) bagian pasal-pasal, yang juga disebut diktum; (c) bagian penjelasan peraturan.

PENGERTIAN DIKTUM | ok-review | 4.5