PENGERTIAN DIFTERIA

By On Friday, February 21st, 2014 Categories : Kesehatan

Suatu penyakit infeksi pada manusia yang bersifat akut dan yang disebabkan oleh Corynebaeterium diphtheriae. Kuman ini menghasilkan toksin yang berbahaya. Eksotoksin yang dibentuk kuman ini dapat mengganggu pernapasan dan dapat menimbulkan efek yang berbahaya pada sistem saraf dan jantung. Yang diserang penyakit ini hampir selalu anak-anak.
Infeksi terjadi melalui hidung atau mulut, bila anak-anak mengisap percikan ludah yang telah mengering atau meminum susu yang tercemar. Pembawa kuman atau karier yang tampak sehat berperan penting dalam penyebaran penyakit ini. Gejala awal penyakit ini adalah demam, disusul terbentuknya pseudomembran yang kadang-kadang sangat tebal pada saluran pernapasan bagian atas dan dapat mengganggu jalannya udara pernapasan. Bila hal ini terjadi, perlu dilakukan trakeotomi (pelubangan tenggorokan) untuk memudahkan pernapasan.
Pengobatan dilakukan dengan pemberian antitoksin untuk menetralkan toksinnya serta antibiotika untuk menghambat pertumbuhan kumannya. Pencegahan penyakit ini dilakukan dengan imunisasi DPT (Difteri Pertusis Tetanus) semasa bayi. Imunisasi DPT yang lengkap dilakukan sebanyak tiga kali pada anak sebelum ulang-tahunnya yang pertama.

PENGERTIAN DIFTERIA | ok-review | 4.5