PENGERTIAN DIAPAUSE

By On Friday, February 21st, 2014 Categories : Kesehatan

Masa terhentinya perkembangan atau pertumbuhan pada beberapa jenis serangga. Mekanisme diapause berada di bawah pengaruh hormon. Perubahan hormon ini muncul akibat pengaruh perubahan lingkungan (fotoperiodisme atau suhu) pada sistem saraf atau sel neurosekretori, atau akibat mekanisme genetik.
Berdasarkan perubahan mekanisme hormon, terdapat tiga tipe diapause: (1) diapause karena berkurangnya hormon pengaktif dan hormon ganti bulu/ kulit atau ekdison; (2) diapause yang disebabkan berkurangnya AH dan hormon remaja (juvenile hormone) atau neotenin, yaitu hormon yang khas pada serangga dewasa; dan (3) diapause yang disebabkan aktivitas neurosekretori pada serangga betina yang bisa mempengaruhi perkembangan telur, yaitu ciri khas diapause embrionik awal.
Bagi banyak serangga, diapause sangat bermanfaat untuk kelestarian hidupnya. Contohnya daur tahunan ngengat sutera di daerah yang mengenal empat musim. Serangga ini melewatkan musim dingin dalam bentuk telur yang akan menetas di awal musim semi. larva cepat berubah menjadi pupa, dan seterusnya menjadi ngengat dewasa. Ngengat dewasa bertelur dan menetas di awal musim panas. Ngengat yang berasal dari telur musim panas ini kelak akan bertelur di mu-sim gugur dan telur itu baru menetas di musim semi berikutnya. Jadi selama musim dingin, ngengat ter¬sebut berdiapause dalam bentuk telur hingga dapat bertahan terhadap cuaca dingin.
Lihat juga HIBERNASI.

PENGERTIAN DIAPAUSE | ok-review | 4.5