PENGERTIAN DIALISIS

By On Friday, February 21st, 2014 Categories : Kesehatan

Suatu cara pemisahan senyawa atau zat tertentu berdasarkan perbedaan kecepatan difusi melalui selaput semipermeabel (setengah dapat tembus). Selaput ini dapat dilewati oleh zat-zat dalam larutan, tetapi tidak oleh zat lainnya. Dengan cara ini larutan garam dan gula, misalnya, dapat dipisahkan dari koloid seperti albumin. Proses dialisis dapat dibantu oleh medan listrik atau perbedaan tegangan listrik dari luar. Teknik ini disebut elektrodialisis.
Dalam ilmu kedokteran, dialisis darah sering disebut “cuci darah”. Ini dilakukan tertentu bila kadar ureum darah terlalu tinggi, karena ginjal tidak mampu lagi mengeluarkan ureum itu secara normal. Untuk ini, darah dialirkan dalam suatu mesin dialisis yang berisi cairan dialisis dan selaput pemisah. Urea akan menembus selaput pemisah, pindah ke cairan dialisis, sedangkan protein dan butir-butir darah tidak. Sesudah kadar ureum darah normal kembali, darah dialirkan kembali ke tubuh penderita.
Dengan dialisis peritoneal, cairan dialisis dan glukosa daiam komposisi tertentu dimasukkan ke dalam rongga peritoneum; dinding pembuluh darah dan selaput peritoneum dapat dianggap sebagai selaput pemisah, sehingga ureum akan keluar dari darah, mengalir ke dalam cairan dialisis ini. Setelah beberapa puluh menit, cairan dialisis dikeluarkan dari rongga perut, kemudian diganti dengan cairan baru. Hal ini dilakukan beberapa kali sampai kadar ureum darah menjadi normal.

PENGERTIAN DIALISIS | ok-review | 4.5