PENGERTIAN DETEKTOR

By On Thursday, February 20th, 2014 Categories : Teknologi

Secara umum, ialah peranti untuk mengetahui sesuatu yang tersembunyi seperti logam dalam tanah, yang tak tampak oleh indera manusia seperti radiasi dan pancaran partikel, yang datang pada saat-saat tak terduga seperti api dan pencuri, atau untuk mendekati suatu titik yang tak dijaga oleh seorang pengamat, atau terlalu jauh untuk indera manusia.
Detektor dapat hanya berupa bagian depan suatu alat terpadu, yang akan mengumpan isyarat ke induk alat apabila dikenai suatu masukan. Misalnya, tabung foton fotometer akan mengirim isyarat berupa arus listrik yang lemah ke dalam pengganda, apabila tabung foton ini dikenai cahaya. Tetapi detektor dapat pula berupa seluruh alat yang akan memberi isyarat yang terindera oleh manusia (misalnya lampu menyala atau suara) apabila alat ini mendeteksi sesuatu. Contohnya ialah detektor logam, tanda bahaya kebakaran, atau alarm pencuri.
Radiasi yang tak tampak oleh manusia dideteksi dengan aneka ragam peranti sesuai dengan panjang gelombang radiasi itu. Untuk yang bergelombang pendek (sinar gama dan sinar-X) deteksinya sama dengan deteksi untuk pancaran partikel elementer. Detektor ini lazim juga disebut pencacah {counter). Tetapi ada juga detektor yang pada hakikatnya memperagakan jejak foton gama atau partikel elementer itu, misalnya kamar kabut dan kamar gelembung. Lihat lebih lanjut RADIASI; PARTIKEL ELEMENTER.
Cahaya ultraviolet, cahaya tampak, dan cahaya inframerah-dekat biasa dideteksi dengan tabung foton. Peranti ini mempunyai permukaan peka cahaya, yang bila dikenai cahaya akan mementalkan elektron. Pentalan elektron ini akan menimbulkan arus listrik lemah yang dapat dikuatkan. Detektor terhadap api (sebenarnya asap), maling, lalu lintas, pintu otomatis, dan lain-lain, pada hakikatnya didasarkan kepada adanya cahaya yang terpantul oleh objek ini sehingga mengenai detektor, atau terpotongnya berkas yang semula terus-menerus mengenai detektor. Lihat juga
ASAP, DETEKTOR; ALARM PENCURI.
Cahaya inframerah dan panas biasa dideteksi dengan termokopel. Perbedaan suhu dari dua titik termokopel akan menimbulkan selisih potensial listrik yang dapat digandakan dan dibalikkan ke alat induk.
Dalam pesawat penerima radio dan televisi, ada peranti yang juga disebut detektor (atau demodulator) yang berperanan memisahkan isyarat audio dari gelombang pembawanya. Pada hakikatnya, detektor ini adalah penyearah arus. Isyarat yang diterima oleh antena terus-menerus berubah arah, padahal untuk diubah menjadi suara, isyarat itu harus merupakan arus listrik searah. Radar merupakan sistem deteksi terhadap objek yang bergerak cepat pada jarak berkilo-kilo meter dari pengamat. Lihat lebih lanjut RADAR.
Detektor logam digunakan untuk mencari objek logam yang tersembunyi. Peranti ini sekarang merupakan perlengkapan baku di setiap bandar udara dalam usaha mencegah pembajakan pesawat terbang. Polisi dalam menanggulangi kejahatan juga diperlengkapi dengan alat ini. Di samping mereka, ahli purbakala, geologiwan yang mengeksplorasi bahan galian logam, dan pencari harta karun memanfaatkan detektor ini. Rancangan dan bentuknya bisa beraneka ragam, namun cara kerjanya sama, yakni berdasarkan pancaran radio lewat antenanya. Objek logam mampu menyerap gelombang radio ini dan memantulkannya kembali. Rangkaian penerima akan menggandakan gelombang pantulan menjadi isyarat yang kuat untuk membunyikan tanda bahaya.
Detektor logam dapat mendeteksi logam yang tertimbun tanah, atau berada di balik batuan atau bata. Banyak detektor logam yang mempunyai “rangkaian pembeda”, sehingga dapat membedakan logam mulia dari logam lain. Ada detektor logam yang ringan dan bekerja dengan tenaga baterai sehingga mudah dijinjing. Bandar udara masih diperlengkapi dengan alat lain untuk melihat isi koper tanpa membukanya. Alat ini bekerja dengan susuran sinar-X, yang rekamannya dapat ditayangkan pada layar peraga. Lihat lebih lanjut SINAR-X.
Masih dalam pengertian detektor adalah anjing pelacak yang dididik untuk melacak seseorang setelah anjing itu mencium pakaian atau benda yang mengandung keringat orang itu. Komposisi asam lemak dalam keringat manusia cukup khas dan dapat dibedakan oleh anjing yang terdidik. Anjing pelacak juga dapat dididik untuk mencari narkotika yang disembunyikan dalam koper dan benda jinjingan lain. Lihat lebih lanjut ANJING.

PENGERTIAN DETEKTOR | ok-review | 4.5