PENGERTIAN DESTILASI

By On Thursday, February 20th, 2014 Categories : Ilmu Alam

Penyulingan, digunakan untuk memurnikan suatu zat cair yang bercampur dengan zat lain yang titik didihnya berlainan. Misalnya, pada pemurnian air, air yang tidak murni mula-mula dipanaskan sampai mendidih. Uap air yang terjadi sudah terpisah dari zat-zat lain dan dialirkan melalui pipa pendingin atau kondensor. Zat-zat lain yang semula terkandung dalam air, karena mempunyai titik didih yang lebih tinggi tertinggal dalam bejana semula. Uap air tersebut kemudian mengembun menjadi cairan lagi, yakni air suling atau air destilat.
Proses destilasi banyak digunakan pada penyulingan alkohol hasil fermentasi sari buah-buahan, penyulingan minyak bumi, dsb. Jika campuran berbagai macam cairan dididihkan, uap akan terdiri atas campuran zat. Campuran uap ini dapat dipisahkan dengan cara melewatkannya pada kolom tegak yang disebut kolom fraksionasi. Uap dengan titik didih tinggi akan mengembun lebih dahulu dalam kolom tersebut. Makin ke atas suhu pada kolom makin rendah. Pada bagian atas kolom akan terdapat uap dengan titik didih yang paling rendah. Karena itu uap-uap dapat dikeluarkan dari kolom pada tempat-tempat tertentu sepanjang kolom dan diembunkan secara terpisah sehingga dari campuran semula akan diperoleh berbagai fraksi zat. Penyulingan seperti ini biasanya dilakukan pada penyulingan minyak bumi yang menghasilkan fraksi-fraksi seperti bensin, minyak tanah,minyak solar, minyak bakar, minyak pelumas, parafin dan sebagainya. Penyulingan tersebut dinamakan penyulingan bertingkat atau destilasi fraksionasi.
Untuk menurunkan titik didih dapat dilakukan pemvakuman. Misalnya minyak sereh yang mendidih pada suhu di atas 250°C dapat dididihkan pada 100° bila sistem divakumkan menjadi sekitar 15 milimeter Hg.
Proses penyulingan lain adalah proses penyulingan kukus atau destilasi uap; di sini uap air dialirkan melalui cairan di dalam sebuah bejana, sehingga uap air yang keluar membawa serta zat-zat yang agak mudah menguap. Proses ini dilakukan pada pemurnian zat- zat yang mempunyai titik didih relatif tinggi dan tidak larut dalam air, misalnya minyak sereh, minyak daun cengkeh, dll.
Destilasi destruktif atau destilasi merusak adalah penyulingan yang didahului atau disertai oleh penguraian, misalnya dalam destilasi serbuk gergaji kayu di bawah gas yang bebas oksigen. Kayu itu akan terurai dan dihasilkan antara lain metanol dan asam formiat.

PENGERTIAN DESTILASI | ok-review | 4.5