PENGERTIAN DESALINASI

By On Thursday, February 20th, 2014 Categories : Ilmu Alam

Suatu proses membebaskan air laut dari garam yang dikandungnya. Desalinasi merupakan salah satu upaya alternatif untuk mengatasi masalah pengadaan air bersih untuk keperluan minum, irigasi, atau keperluan lainnya. Desalinasi dapat dilakukan lewat penyulingan dan osmosis balik, yaitu memaksa air menembus lapisan semipermeabel, sementara garam yang terlarut di dalam air laut tertahan oleh lapisan ini.
Meskipun secara teknis desalinasi dapat dilakukan, ada beberapa masalah yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Masalah ekonomi timbul karena biaya yang sangat tinggi. Energi besar dibutuhkan untuk mengoperasikan pompa besar bagi pengaliran air dari pantai ke daerah pedalaman yang lebih membutuhkan, padahal energi juga merupakan barang yang mahal. Dengan demikian desalinasi lebih cocok untuk daerah pantai, walau air juga sangat dibutuhkan bagi keperluan irigasi.
Dari segi ekologi, dari lokasi desalinasi akan dilepaskan sejumlah panas yang akan mengakibatkan pencemaran udara (bergantung pada sumber daya energinya). Garam yang disingkirkan dan dibuang ke laut dapat menaikkan konsentrasi garam di laut dekat pantai, sehingga mengancam sumber daya di daerah itu.

PENGERTIAN DESALINASI | ok-review | 4.5