PENGERTIAN DEPRESIASI

By On Wednesday, December 4th, 2013 Categories : Ekonomi

DEPRECIATON / DEPRESIASI adalah 1. suatu penurunan dalam nilai mata uang (CURRENCY) terhadap mata uang lainnya dalam sistem nilai tukar mengambang (FLOATING EXCHANGE RATE SYSTEM). Depresiasi nilai suatu mata uang mengakibatkan impor (imports) (dalam mata uang lokal) lebih mahal dan ekspor (exports) (dalam mata uang lokal) lebih murah, sehinggga menurunkan impor dan menaikkan ekspor, di mana hal ini akan membantu menghilangkan defisit neraca pembayaran (balance of payments). Jika nilai tukar pound-dollar mengalami depresiasi dari £1,60 menjadi £1,40, maka hal ini memungkinkan eksportir Inggris untuk menurunkan harga dengan nilai yang sama dari penurunan nilai pound, yang kemudian meningkatkan daya saing di pasar Amerika Serikat (walaupun mereka dapat memilih untuk tidak menurunkan harga sebesar penurunan nilai pound untuk mendapatkan untung, atau mempergunakan tambahan dana untuk promosi penjualan, dan sebagainya. Dengan cara yang sama, depresiasi mengakibatkan kenaikan harga barang impor dari Amerika ke Inggris, sehingga mengakibatkan daya saing harganya menurun terhadap produk Inggris di pasar dalam negeri.
Agar penurunan mata uang (depresiasi) dapat ‘bekerja’ tiga hal yang pokok harus dipenuhi:
(a) keberhasilan depresiasi tergantung pada reaksi volume ekspor dan impor pada perubahan harga relatif, sebagai contoh ELASTISITAS PERMINTAAN TERHADAP HARGA (PRICE ELASTICITY OF DEMAND) ekspor dan impor. Jika volume perubahan ini rendah, di mana permintaan tidak elastis, volume perdagangan tidak berubah banyak dan depresiasi dapat mengakibatkan ekspor dan impor elastis maka perubahan dalam volume perdagangan akan meningkatkan posisi pembayaran. Ekuilibrium neraca pembayaran akan diperbaiki apabila elastisitas ekspor dan impor lebih besar dari satu (KONDISI MARSHALL-LERNER (MARSHALL-IJERNER CONDITION)).
(b) Pada sisi penawaran, sumber daya harus tersedia, dan cukup fleksibel, yang dapat dipindahkan dari sektor lain dalam perekonomian ke industri yang memproduksi barang ekspor dan produk substitusi barang impor. Jika perekonomian telah dieksploitasi secara penuh, permintaan dalam negeri harus dikurangi atau digeser dengan kebijakan deflasioner untuk menampung pengalihan sumber daya yang diperlukan.
(c) dalam jangka panjang, untuk mengimbangi harga dalam negeri, kenaikan harus ditahan. Suatu depresiasi akan menaikkan harga impor bahan baku dan bahan baku makanan yang akan mendorong biaya produksi dalam negeri dan biaya hidup. Hal ini akan meningkatkan harga dalam negeri dan upah sehingga membutuhkan depresiasi lebih lanjut untuk mempertahankan persaingan harga. Lihat BALANCE-OF-PAYMENTS EQUILIBRIUM, INTERNAL-EXTERNAL BALANCE MODEL, PRICE ELASTICITY OF SUPPLY. Bandingkan dengan APPRECIATION (1).
2. penurunan dari nilai AKTIVA (ASSET) selama pemakaiannya. Disebut juga amortisasi. Kondisi pabrik dan peralatan yang dipakai dalam memproduksi mengalami penurunan sepanjang waktu dan barang-barang ini secara bertahap akan diganti. Untuk itu perusahan memerlukan penye¬diaan keuangan untuk penyusutan aktiva mereka.
Depresiasi adalah istilah pembukuan yang berarti pembagian harga semula dari AKTIVA TETAP (FIXED ASSET) dengan periode pembukuan yang berhubungan dengan masa pemakaian dari aktiva tersebut. Depresiasi yang dibukukan yang mengurangi penerimaan setiap periode dalam LAPORAN RUGI-LABA (PROFFT-AND-LOSS ACCOUNT) yang bertugas membagi biaya semula aktiva tetap yang telah memberi keuntungan bagi perusahaan selama beberapa periode perdagangan. Dalam periode AKHIR NERACA (BALANCE SHEET), aktiva seperti ini dicatat berdasarkan biaya dikurangi depresiasi tanggal pencatatan. Biaya depresiasi bukan suatu usaha untuk menghitung penurunan nilai pasar dari aktiva tetap, sehingga neraca tidak menunjukkan nilai sebenarnya.
Cara penghitungan pengenaan biaya depresiasi berdasarkan atas biaya semula dari aktiva tetap. Namun demikian, selama periode inflasi, biaya penggantian dari suatu aktiva lebih tinggi daripada biaya semulanya, sehingga perusahaan perlu berhati-hati dalam membuat perhitungan untuk penggantian biaya yang lebih tinggi daripada aktiva tetap. Lihat INFLATION ACCOUNTING, CAPITAL CONSUMPTION, APPRECIATION (2).

PENGERTIAN DEPRESIASI | ok-review | 4.5