PENGERTIAN DEPRESI

By On Thursday, February 20th, 2014 Categories : Psikologi

Suatu gejala menurunnya kegiatan ekonomi masyarakat pada tingkat sangat buruk yang di-tandai dengan menurunnya produksi masyarakat secara tajam, makin mengecilnya investasi, terus menurunnya harga, meningginya tingkat pengangguran, disertai naiknya tingkat kegagalan bisnis yang sangat mencolok.
Dunia Barat pernah mengalami dua masa depresi yang panjang, yakni dari tahun 1873 sampai 1879 dan dari tahun 1929 sampai 1933. Depresi tahun 1929-1933 lebih dikenal dengan sebutan The Great Depression, yang ditandai dengan menurunnya harga saham secara tajam di bursa New York pada bulan Oktober 1929 dan berlangsung terus sampai tahun 1933.
Tahun 1933 adalah tahun yang paling kritis, yaitu saat perekonomian Amerika Serikat secara keseluruhan memperlihatkan tanda-tanda kelumpuhan total. Pendapatan nasional turun 50 persen dibandingkan awal tahun 1929. Investasi menurun terus sampai investasi netonya secara nasional menjadi negatif. Tingkat pengangguran tercatat 33,3 persen. Pada tahun 1929 di Amerika Serikat tercatat sebanyak 25.000 bank, sedangkan pada tahun 1933 jumlah ini menurun drastis menjadi 14.000.
Pengalaman ini telah menggoncangkan kepercaya-an masyarakat Amerika Serikat pada faham laissez faire (liberalisme), yaitu ekonomi tanpa campur ta-ngan pemerintah. Ketidakmampuan sistem ekonomi liberal mencegah terjadinya depresi pada tahun 1929 telah menggerakkan masyarakat untuk menekan pemerintah mereka agar berperan aktif dalam mengatasi kesulitan-kesulitan ekonomi yang mereka hadapi.
Di Inggris, depresi yang pernah mencekam rakyat segera dicari jalan keluarnya. Muncullah teori makroekonomi yang dikumandangkan oleh John Maynard Keynes yang mendesak peranan aktif pemerintah. Menurut Keynes, pemerintah dapat mengendalikan ekonomi melalui pengaturan pembelanjaan untuk menjamin terciptanya kesempatan kerja.
Di Jerman, depresi diatasi oleh rezim Hitler dengan pembelanjaan besar-besaran dalam infrastruktur, sehingga hanya dalam dua tahun telah dibangun jalan raya, pelabuhan udara, laut, dan sungai yang modern. Di balik gagasan spektakuler itu, sebenarnya rezim Hitler mempersiapkan diri untuk menguasai seluruh Eropa secara militer dalam Perang Dunia II.

PENGERTIAN DEPRESI | ok-review | 4.5