PENGERTIAN DEPOSITO KHUSUS

By On Thursday, January 23rd, 2014 Categories : Ekonomi

SPECIAL DEPOSIT / DEPOSITO KHUSUS adalah sebuah instrumen KEBIJAKAN MONETER (MONETARY POLICY) mengenai penempatan dari sejumlah tertentu aktiva lancar sektor perbankan di BANK SENTRAL (CENTRAL BANK) sebagai suatu alat pengendalian PENAWARAN UANG (MONEY SUPPLY) . Deposito khusus tidak dimasukkan dalam likuiditas bank atau rasio aktiva cadangan. Jadi, apabila para pejabat moneter berkeinginan untuk mengurangi penawaran uang, mereka dapat meminta suatu deposito khusus. Hal ini akan menurunkan dasar likuiditas dari sektor perbankan. Sebagai hasilnya, bank-bank akan dipaksa untuk mengurangi pemberian pinjaman mereka yang mengakibatkan suatu kontraksi berganda atas deposito, dan karenanya akan mengakibatkan suatu penurunan dalam penawaran uang.
Di Inggris, Bank Sentral Inggris kadang-kadang meminta deposito khusus dan “deposito khusus tambahan” untuk mengimbangi peningkatan yang mendadak dalam likuiditas sektor perbankan. Lihat BANK DEPOSIT CREATION.
SPECIAL DRAWING RIGHTS (SDR) adalah suatu aktiva moneter yang dipegang oleh negara-negara anggota dari DANA MONETER INTERNASIONAL (INTERNATIONAL MONETARY FUND) (IMF) sebagai bagian dari CADANGAN INTERNASIONAL (INTERNATIONAL RESERVES) mereka. Tidak seperti aktiva-aktiva cadangan yang lain seperti EMAS (GOLD), SDR tidak memiliki bentuk nyata. Mereka “diciptakan” oleh IMF sendiri dan berbentuk catatan pertumbuhan dalam suatu perhitungan khusus yang ditetapkan oleh IMF. SDR dinilai berdasarkan lima mata uang asing, yaitu: dollar Amerika, mark Jerman, pound sterling Inggris, franc Perancis, dan yen Jepang.

PENGERTIAN DEPOSITO KHUSUS | ok-review | 4.5