PENGERTIAN DEMENSIA

By On Thursday, February 20th, 2014 Categories : Kesehatan

Dari kata de dan mens, pikiran, suatu sindroma yang menunjukkan adanya kemunduran inteligensi dengan gejala-gejala melemahnya daya ingat dan penilaian, disorientasi waktu dan tempat dan hilangnya fungsi intelek lainnya, biasanya tanpa gafigguan tingkat kesadaran. Demensia ditandai oleh abanya kemunduran fungsi luhur secara sedikit demi sedikit dan progresif. Demensia dapat berkembang secara cepat maupun secara berangsur pada semua tahapan umur manusia.
Demensia dapat dibedakan antara yang dapat dipulihkan dan yang tidak. Yang tidak dapat pulih biasanya berhubungan dengan atrofi otak, antara lain demensia senilis (suatu bentuk kepikunan) dan penyakit alzheimer, yakni demensia senilis yang terjadi pada usia muda, sedangkan yang dapat ditanggulangi ialah demensia karena keracunan obat, radang selaput di otak, keadaan depresi yang berat, tumor, atau beberapa penyakit ginjal, hati, jantung, paru-paru.
Salah satu jenis lain, yang dikenal sebagai demensia praecoxy sebenarnya merupakan nama lama untuk skizofrenia, salah satu bentuk kegilaan yang dimulai pada masa dewasa awal. Istilah ini sebetulnya tidak tepat, karena tidak semua penderitanya mengalami demensia.

PENGERTIAN DEMENSIA | ok-review | 4.5