PENGERTIAN DEMAM AIR MERAH

By On Thursday, February 20th, 2014 Categories : Kesehatan

Suatu penyakit infeksi akut yang disebabkan oleh Clostridium haemolyticum. Penyakit ini biasanya mengenai sapi, namun kadang-kadang menyerang domba dan anjing. Kuman masuk melalui mulut ke dalam usus dan hati. Kuman ini merupakan kuman anaerob yang menyenangi tempat yang miskin oksigen. Karena sifat itu, penyakit ini sering menyertai kelainan-kelainan yang menyebabkan kurangnya oksigenisasi, seperti misalnya pada infeksi cacing pita di hati.
Hewan yang menderita penyakit ini mula-mula akan mengalami demam tinggi, kehilangan nafsu makan, dan napasnya menjadi berat dan pendek. Hewan kemudian mengalami diare yang berlendir dan mengandung darah. Dalam waktu singkat terjadi anemia dan dehidrasi. Pada stadium akhir, kira-kira 60—80 persen sel-sel darah merah pecah sehingga banyak hemoglobin bebas di dalam sirkulasi darah. Hemoglobin bebas tersebut dikeluarkan melalui urine, sehingga warna urine merah tua. Penyakit biasanya berlangsung cepat, dan 95 persen penderitanya akan mati bila tidak diobati.
Penyakit ini diobati dengan pemberian penisilin atau antibiotika lainnya. Kadang-kadang diperlukan transfusi darah dan infus cairan. Penyakit ini dapat dicegah dengan imunisasi.

PENGERTIAN DEMAM AIR MERAH | ok-review | 4.5