PENGERTIAN CENTRAL INTELLIGENCE AGENCY

By On Thursday, November 21st, 2013 Categories : Antropologi

CENTRAL INTELLIGENCE AGENCY, disingkat CIA, adalah salah satu badan intelijen Amerika Serikat (AS). CIA dapat disebut badan intelijen terpenting dalam masyarakat intelijen AS. Direktur CIA bertanggung jawab langsung kepada presiden. Seluruh badan intelijen AS, sipil maupun militer, dalam prosedur kerja rutinnya harus membantu dan menunjang operasi CIA. Badan lain itu misalnya dinas intelijen Angkatan Darat, Laut, dan Udara AS, DIA (Defense Intelligence Agency, badan intelijen Departemen Pertahanan AS), Dinas Intelijen Departemen Luar Negeri, NSA (National Security Agency), badan pusat sanai dan penguraian sandi lawan, dan sebuah badan khusus Departemen Energi AS yang khusus menganalisis informasi mengenai instalasi nuklir dan pendayagunaan energi nuklir.
Dalam perundangan AS, CIA tidak diperbolehkan beroperasi di dalam negara sendiri. Oleh karena itu, tugas kontra-spionase melawan aksi spionase badan intelijen asing terhadap AS diemban oleh Federal Bureau of Investigation (FBI). Selain tugas kontra- spionase, FBI mengemban tugas kepolisian federal (nasional). Dalam reorganisasinya yang mutakhir dalam pelaksanaan prinsip demokrasi AS, sebagian operasi penting CIA disupervisi oleh sebuah Komisi Kongres AS. CIA adalah badan intelijen sebuah negara adikuasa yang beroperasi global, selain khusus menghadapi badan intelijen negara adikuasa lain, yakni Rusia. Oleh karenanya, CIA memakai berbagai perangkat canggih mutakhir dalam operasinya. Selain “spion”, atau mata-mata, yang kini disebut Humint (human intelligence, operasi intelijen oleh manusia), juga dioperasikan Sigint {signal intelligence, intelijen untuk menyadap sinyal radio, radar, dll.), Comint (communication intelligence, intelijen terhadap sarana komunikasi pihak lawan dan pihak lain), dan Elint (electronic intelligence).
Meskipun Sigint maupun Comint, yang melibatkan Humint, dapat juga diklasifikasikan ke dalam Elint, Elint kini lebih dipakai untuk penggunaan perangkat spionase canggih yang melibatkan aneka satelit mata- mata dengan berjenis-jenis fungsi deteksi.

PENGERTIAN CENTRAL INTELLIGENCE AGENCY | ok-review | 4.5