PENGERTIAN CENDERAWASIH

By On Thursday, November 21st, 2013 Categories : Ilmu Alam

CENDERAWASIH-CENDERAWASIHAN merupakan kerabat burung yang sering diibaratkan sebagai “burung surga”. Dengan warna bulunya yang cantik, gerakan tariannya yang memikat, burung ini dianggap paling indah di antara bangsa burung. Semua kelebihannya terutama dipertunjukkan pada musim kawin dengan maksud memperoleh pasangan.
Di seluruh dunia terdapat 43 jenis cenderawasih. Di antaranya, 34 jenis hidup di Pulau Irian, sedangkan sisanya tersebar di Kepulauan Maluku dan Australia bagian utara. Burung ini menghuni puncak-puncak pohon di hutan dataran rendah sampai hutan pegunungan. Beberapa jenis sering mengeluarkan suara yang nyaring sekali dengan maksud mengumumkan kehadirannya serta menunjukkanhijau mengkilap, kuning mas, atau kecokelatan. Umumnya warna bulu burung jantan lebih cerah dan bagus daripada warna bulu betinanya. Secara umum, sistem perkembangbiakan kerabat cenderawasih dapat dibagi dua, yaitu monogami dan poligami. Dalam kelompok yang bersifat monogami, burung jantan dan betina mempunyai penampilan serupa sehingga agak sulit membedakannya. Pada kelompok ini, setelah musim kawin selesai, burung jantan akan ikut membuat sarang untuk membantu pasangannya dan kemudian menungguinya selama pengeraman telur. Setelah telur menetas, pasangan tersebut akan membesarkan anaknya bersama-sama.
Pada kelompok poligami, proses perkawinan tidak disertai adanya ikatan antarpasangan. Burung jantan akan mengawini sebanyak mungkin burung betina yang tertarik pada keindahan bulunya, gerakan tariannya, atau suaranya. Pada kelompok ini, burung jantan amat berbeda dengan burung betina. Selain warna bulunya sangat indah, burung jantan dilengkapi hiasan berupa pial berwarna, bulu berlapis, serta sepasang bulu panjang seperti lidi yang terdapat pada kepala atau ekor. Hiasan yang tumbuh dan berkembang pada waktu burung jantan berusia 2 sampai 5 tahun ini berfungsi memperindah penampilan pada waktu si jantan memperagakan tarian percumbuannya.
Keanekaragaman tarian diperlihatkan oleh beberapa jenis cendrawasih dengan menari di atas pohon, meliuk-liukkan tubuhnya, yang kemudian dikejangkan sambil mempertunjukkan keindahan bulunya. Jenis yang lain menari dengan cara bergantung sambil berayun-ayun pada cabang pohon atau menari pada ranting yang terdapat di sela-sela daun yang terkuak. Ada pula jenis yang menari di atas tanah dengan cara mengerutkan tubuh dan mengembangkan bulunya. Pada saat yang bersamaan, tubuhnya diputar seperti penari balet. Kecantikan Cenderawasih-cenderawasihan sangat memukau. Untuk mencegah kepunahannya, sejak tahun 1931 burung ini dilindungi oleh undang-undang.. Meskipun demikian, perburuan liar yang dilakukan oleh pendatang maupun penduduk asli masih sering terjadi. Perburuan dilakukan dengan menggunakan anak panah dan berbagai macam alat penangkap lainnya. Akibatnya, populasi burung tersebut semakin menyusut. Klasifikasi Ilmiah. Cenderawasih-cenderawasihan terma-suk suku Paradisaeidae.

PENGERTIAN CENDERAWASIH | ok-review | 4.5