PENGERTIAN CEMPAKA HUTAN

By On Tuesday, November 19th, 2013 Categories : Ilmu Alam

CEMPAKA HUTAN, yang disebut juga cempaka tanjung, merupakan pohon yang tingginya bisa mencapai 21 meter. Kayunya keras dan awet, berwarna cokelat kekuning-kuningan, dan biasa digunakan untuk bahan bangunan. Pada daunnya terdapat bulu-bulu di permukaan bawahnya. Bunganya yang berbau harum berwarna merah kekuning-kuningan.
Buahnya selagi muda berwarna hijau, sesudah tua berwarna kecokelat-cokelatan. Buah ini beracun dan sering dipakai untuk memingsankan ikan. Cempaka hutan tumbuh di hutan primer dan sekunder dengan sedikit semak belukar atau di sepanjang aliran air pada ketinggian sampai 600 meter di atas permukaan laut. Di Jawa, cempaka hutan kadang-kadang ditanam di kebun sebagai pohon hias. Klasifikasi Ilmiah. Cempaka hutan termasuk suku Rubia-ceae (kopi-kopian); nama ilmiahnya Gardenia tubifera.
 
CEMPAKA UTAN suatu jenis pohon yang tingginya 40—45 meter dengan diameter 0,9—1,5 meter. Kayunya bagus, termasuk kelas II—III, tetapi kasar. Daunnya digunakan untuk semacam teh. Pohon ini banyak dijumpai di hutan-hutan Minahasa pada ketinggian 190—975 meter di atas permukaan laut. Klasifikasi Ilmiah. Cempaka utan termasuk suku Magnoliaceae (cempaka-cempakaan); nama ilmiahnya Talaoma ovalis.

PENGERTIAN CEMPAKA HUTAN | ok-review | 4.5