PENGERTIAN CECADU SEJENIS CODOT

By On Saturday, November 16th, 2013 Categories : Ilmu Alam

CECADU suatu marga kelelawar pemakan buah. Ukurannya sedikit lebih besar daripada codot. Hewan ini dicirikan dengan ukuran gigi kecil, jarak gigi satu sama lain agak renggang, gigi seri bawah terbelah pada ujungnya, jumlah geraham atas lima atau empat buah, dan geraham bawah enam buah. Umumnya cecadu berbulu pendek dan melekat erat di tubuh. Dibandingkan dengan codot, cecadu memiliki moncong lebih meruncing.
Di dunia ditaksir ada 11 jenis anggota marga cecadu. Binatang ini biasanya bersembunyi di gua, bekas tambang, terowongan, ceruk, dan atap gedung. Daerah penyebarannya meliputi Afrika dan Asia Selatan, termasuk Indonesia dan ke timur sampai Pulau Solomon.
Makanan cecadu berupa buah-buahan berdaging dan madu. Karena makanannya mencakup juga nektar, sangat mungkin kelelawar ini ikut berperanan dalam penyerbukan bunga. Cecadu aktif di malam hari. Hidupnya bergerombol, dalam jumlah beberapa ekor sampai ribuan ekor.
Cecadu berkembang biak dengan melahirkan seekor atau dua ekor anak setiap kelahiran, setelah bunting selama sekitar 15 minggu. Anak yang baru lahir masih terpejam dan gundul. Selama menyusu pada induknya, bayi dibawa ke mana-mana, dan baru disapih pada umur 2—3 bulan.
Cecadu Besar mempunyai lengan bawah yang panjangnya di atas 80 milimeter. Bentuk geraham bawah terakhir lonjong. Panjang badan 95—120 milimeter, tidak termasuk ekornya yang 10—18 milimeter. Panjang telinga 18—24 milimeter. Panjang kaki 19—24 milimeter. Panjang lengan bawah sayap 80,5—87,5 milimeter. Warna tubuh cokelat kelabu pudar. Warna ini lebih muda dibanding kerabatnya, yaitu cecadu biasa. Daerah penyebarannya meliputi Pakistan, India, Nepal, Burma, Thailand, Indocina, Malaysia Barat, dan Indonesia (Sumatra dan Jawa). Cecadu Biasa sedikit lebih kecil daripada cecadu besar. Bentuk geraham bawah akhir agak bundar. Panjang tubuh <05—115 milimeter, tidak termasuk ekornya yang 15—17 milimeter. Panjang telinga 18,5—19,7 milimeter. Panjang lengan bawah sayap 11— 87,5 milimeter. Bobot 54—75 gram. Warna tubuh lebih hitam daripada cecadu besar. Hewan ini sering ditemukan hidup bersama cecadu besar. Daerah penyebarannya meliputi Burma Selatan, Thailand, Malaysia, Filipina, Indonesia ke timur sampai Pulau Solomon, pada ketinggian 0—2.200 meter di atas permukaan laut. Cecadu Sulawesi hanya terdapat di Sulawesi dan Pulau Talaud. Hewan ini dicirikan dengan adanya bulu yang lebat dan panjang pada hampir seluruh tubuh. Terutama di daerah wajah, bulu lebih lebat daripada bagian tubuh lainnya. Ukurannya kecil; panjang lengan bawah sayap hanya 72,5—75 milimeter. Klasifikasi Ilmiah. Cecadu termasuk marga Rousetteus. Cecadu besar disebut R. leschenaulti; cecadu biasa R. amplexicaudatus\ dan cecadu Sulawesi R. celebensis.

PENGERTIAN CECADU SEJENIS CODOT | ok-review | 4.5