PENGERTIAN CATHODE RAY TUBE

By On Friday, November 15th, 2013 Categories : Teknologi

CATHODE RAY TUBE, biasa disebut CRT atau monitor, adalah suatu alat peraga komputer. CRT terdiri atas tabung kaca berbentuk kerucut yang ujungnya menyempit dengan pemancar elektron yang mengeluarkan elektron dengan kecepatan tinggi dalam bentuk berkas terfokus. Pada sisi dalam bagian muka CRT, terdapat lapisan fosfor, yang dapat memancarkan cahaya bila terkena sinar elektron. Intensitas berkas elektron dapat diatur untuk mengubah intensitas cahaya pendaran. Yoke, sistem kumparan elektromagnet yang ditempatkan di luar tabung pada dasar leher tabung, akan menyimpangkan sinar elektron ke bagian yang berbeda di permukaan bila arus melewatinya. Biasanya cahaya pendaran yang keluar dari fosfor CRT cepat memudar; untuk mempertahankan gambar yang ada, dilakukan proses penampilan kembali (refresh) yang dilakukan paling sedikit 30 kali setiap detiknya.
Bagian-bagian pembentuk CRT meliputi tiga unsur:
(1) Pemancar elektron, yang terdiri atas medan elektrostatik, memfokuskan dan mempercepat sinar elektron. Medan ini dibangkitkan dari dua pemukaan yang berbeda potensialnya. Pemancar elektron digunakan karena dapat difokuskan sehingga dapat menghasilkan titik cahaya bila mengenai fosfor, mempunyai kecepatan tinggi, yang sangat menentukan terangnya gambar, dan mempunyai peralatan yang dapat mengatur keluaran elektron sehingga intensitas sinar juga dapat diatur.
(2) Sistem Penyimpangan. Untuk menyimpangkan bekas elektron agar membentuk gambar pada layar digunakan Icumparari (y oke) yang terletak pada leher tabung. Digunakan dua buah kumparan, satu sebagai pengatur penyimpangan mendatar (horizon dan yang lain sebagai pengatur penyimpangan (vertikal).
(3) Fosfor. Bila digunakan pada peragaan grafik, CRT biasanya bergantung dari karakteristik warna dan kekuatan pancarannya. Kekuatan pancaran yang ideal, dihitung dengan waktu pancar, adalah sepersepuluh dari nilai mula-mula, kira-kira 100 milidetik, dan frekuensi penampilan kembali 30 hertz. Fosfor vang banyak digunakan untuk peragaan grafik adalah P7

PENGERTIAN CATHODE RAY TUBE | ok-review | 4.5