PENGERTIAN CARBONARI

By On Friday, November 15th, 2013 Categories : Ilmu Alam

CARBONARI, menurut pengertian yang sebenarnya, adalah pembakar arang batu bara. Istilah Carbonari menjadi terkenal karena dijadikan nama suatu perkumpulan rahasia di Italia. Perkumpulan ini terbentuk setelah penguasa-penguasa Bourbon kembali berkuasa di Napoli pada tahun 1815. Carbonari yang anggotanya terdiri atas kaum Republikan itu bertujuan menyatukan Italia menjadi satu bangsa dan menggulingkan pemerintah kerajaan. Meskipun didasarkan oleh humanitarisme Kristen, gerakan ini menggunakan simbol-simbol dan upacara keagamaan perkumpulan kebatinan Masonik. Perkumpulan rahasia ini pernah melancarkan suatu pemberontakan yang gagal di Napoli dan Piedmont pada tahun 1820 dan 1821, dan beberapa huru-hara pada tahun 1831.
Karena kerahasiaannya, kepemimpinan Carbonari tidak jelas, dan pemberontakan yang dilancarkannya cenderung terisolasi dan terpencar, sehingga dengan mudah ditindas. Setelah kegagalannya pada tahun 1831, gerakan ini meleburkan diri dalam gerakan “Pemuda Italia” yang dipimpin oleh Mazzini. Pada tahun 1816-1820, gerakan Carbonari yang serupa juga muncul di Perancis, dan seorang anggotanya yang kemudian menjadi kaisar di Perancis adalah Napoleon Bonaparte.
JAMAN CARBONIFERA atau Jaman Karbon di-perkirakan mulai 345 juta tahun yang lalu sesudah Jaman Devon, dan berakhir 275 juta tahun yang lalu menjelang awal Jaman Perm. Dalam jaman ini ganggang telah melimpah. Jaman ini ditandai dengan berkembangnya amfibia dan munculnya reptilia.

PENGERTIAN CARBONARI | ok-review | 4.5