PENGERTIAN CAMPAK

By On Tuesday, October 29th, 2013 Categories : Kesehatan

CAMPAK suatu penyakit virus akut dan menular, yang ditandai oleh peradangan selaput lendir saluran napas dan mata, dan bercak kulit kemerahan sampai ungu. Penyakit ini dalam berbagai bahasa disebut measles, morbili atau rubeola, dan dalam bahasa daerah sisebut tampeuk (Sunda), gabagen (Jawa), demam buah icayu (Melayu), edeh (Lombok), dll. Biasanya campak menyerang anak, yang kemudian menjadi kebal seumur hidup. Penyakit ini sebenarnya dapat sembuh sendiri pada anak yang kondisi tubuhnya baik. Namun, pada anak yang kekurangan gizi akan mudah sekali terjadi infeksi sekunder oleh bakteri, yang dapat menyebabkan kematian. Saat ini campak masih menjadi perhatian pemerintah Indonesia karena banyak menyebabkan kematian pada masyarakat pedesaan.
Penularan terjadi melalui udara pernapasan. Gejala pertama berupa demam, batuk, pilek, radang selaput lendir mata, dan takut cahaya (fotofobia). Setelah 4—5 hari mulai timbul ruam kulit kemerahan yang dimulai di belakang telinga, bagian samping tengkuk, dan belakang pipi. Dalam dua hari, ruam menyebar ke seluruh permukaan tubuh. Gejala dapat disertai muntah dan mencret sebagai akibat peradangan selaput lendir usus. Oleh sebab yang belum jelas, penderita campak mengalami penurunan daya tahan tubuh, sehingga mempermudah terjadinya penyakit seperti radang telinga tengah, radang otak, dan radang paru-paru.
Campak dapat dicegah dengan imunisasi. Vaksin campak tersedia di fasilitas pelayanan kesehatan anak, termasuk di puskesmas dan posyandu. Kekebalan pasif dapat diperoleh bayi dari ibu yang mempunyai kekebalan terhadap penyakit campak. Kekebalan ini diperoleh sejak dalam kandungan dan dapat bertahan sampai bayi berumur 4—6 bulan.

PENGERTIAN CAMPAK | ok-review | 4.5