PENGERTIAN CAGAR BUDAYA

By On Tuesday, October 29th, 2013 Categories : Antropologi

CAGAR BUDAYA suatu wilayah yang mempunyai peninggalan budaya khas yang mengandung nilai luhur, yang dijaga kelestariannya oleh pemerintah dengan cara membatasi pengaruh modernisasi, antara lain dengan tidak diizinkannya mendirikan bangunan bercirikan kebudayaan lain (modern) di daerah tersebut. Sebagai contoh, wilayah Condet di Jakarta Timur ditetapkan oleh pemerintah DKI Jaya sebagai Cagar Budaya Betawi. Cagar budaya meliputi:
(a) Benda-benda bergerak dan tidak bergerakyang dibuat oleh tangan manusia atau yang merupakan bagian alam. Yang termasuk dalam kategori ini adalah kelompok benda dan sisa-sisanya yang pokoknya berumur 50 tahun atau memiliki langgam yang khas dan dapat mewakili langgam sekurang-kurangnya 50 tahun serta dianggap mempunyai nilai bagi sejarah, arkeologi seni rupa.
(b) Benda-benda yang dianggap mempunyai nilai penting bagi paleoantropologi.
(c) Situs (tapak) yang mempunyai arti penting bagi sejarah dan diduga mengandung benda-benda termuat dalam a dan b.
(d) Tanaman dan bangunan yang terdapat di atas situs tersebut dan memiliki atau dapat memiliki kepentingan langsung bagi benda-benda yang termuat dalam a, b. Perlindungan terhadap benda-benda cagar budaya tersebut pada a, b, c, dan d meliputi usaha dan kegiatan pendaftaran, pemeliharaan, pengawetan, pemugaran ekskavasi, pengamanan dan penyelamatan, dan perizinan.

PENGERTIAN CAGAR BUDAYA | ok-review | 4.5