PENGERTIAN CAGAR ALAM

By On Tuesday, October 29th, 2013 Categories : Ilmu Alam

CAGAR ALAM suatu jenis suaka alam yang berhubungan dengan keadaan alamnya yang khas, baik alam hewani maupun alam nabati, yang perlu dilindungi untuk kepentingan kebudayaan dan ilmu pengetahuan. Jenis lain suaka alam adalah suaka margasatwa. Dalam cagar alam, lingkungan dibiarkan sealamiah mungkin. Hewan liar dan tumbuhan juga dibiarkan hidup dalam habitat alaminya. Dengan ini diharapkan bahwa kelestarian alam tetap terjaga dan populasi hewan atau tumbuhan langka akan meningkat.
Ada dua jenis cagar alam, yaitu cagar alam darat dan cagar alam laut. Cagar alam darat adalah kawasan yang diperuntukkan bagi perlindungan dan pelestarian sumber daya alam hayati beserta tata lingkungan fisiknya atau habitat dan juga sumber daya alam yang mempunyai nilai khas di darat, sungai, danau (perairan tawar), sedangkan perkembangannya diserahkan kepada alam. Cagar alam laut adalah kawasan yang diperuntukkan bagi perlindungan dan pelestarian sumber daya alam hayati beserta tata lingkungan fisiknya (habitat) dan juga sumber daya alam yang mempunyai nilai khas di lautan, sedangkan per kembangannya diserahkan kepada alam.
Di Indonesia, cagar alam berada di bawah lindungan hukum Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam (PHPA), Departemen Kehutanan. Cagar alam darat sejumlah sekitar 184 unit meliputi areal seluas lebih kurang 6.778.605,571 hektar. Di Jawa Barat terdapat 39 cagar alam seluas 182.712,75 hektar, sedangkan di Nusa Tenggara Timur hanya terdapat satu unit cagar alam seluas 543,3 hektar. Luas cagar alam tiap unit rata-rata berkisar antara 1,21 hektar (di Propinsi D.I. Yogyakarta) sampai dengan 555.833,33 hektar (di Propinsi Kalimantan Timur). Cagar alam laut baru ada lima unit yang meliputi areal seluas 385.690 hektar. Kelima unit tersebut terdapat di DKI Jakarta (108.000 hektar), Jawa Tengah (111.625 hektar), Kalimantan Barat (77.000 hektar), dan dua unit di Sulawesi Utara (89.065 hektar). Binatang-binatang yang diprioritaskan perlindungannya adalah badak bercula satu di Taman Nasional Ujungkulon dan badak bercula dua di Sumatra dan Kalimantan. Binatang-binatang lainnya adalah orang utan berambut cokelat, burung cendrawasih, dan komodo. Selain itu tercatat pula burung hantu, tapir, tenggiling, burung dara laut, bangau, belibis, burung madu, alap-alap putih, gajah, banteng, dll.

PENGERTIAN CAGAR ALAM | ok-review | 4.5