PENGERTIAN BURSA EFEK ATAU PASAR EFEK

By On Thursday, January 23rd, 2014 Categories : Ekonomi

STOCK EXCHANGE OR STOCK MARKET / BURSA EFEK ATAU PASAR EFEK adalah sebuah PASAR (MARKET) yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan EFEK (STOCKS) atau SAHAM (SHARES) perusahaan serta OBLIGASI (BONIJS) pemerintah. Bursa efek tersebut bersama-sama dengan PASAR UANG (MONEY MARKET) (yang berhubungan dengan surat-surat berharga jangka pendek perusahaan dan pemerintah) adalah merupakan sumber utama permodalan eksternal bagi perusahaan dan pemerintah. Lembaga-lembaga yang terlibat dalam bursa efek Inggris meliputi PENCIPTA PASAR (MARKET MAKERS) (yang bertindak sebagai PEMBORONG (JOBBERS) dan PIALANG EFEK (STOCK BROKERS)), ahli pialang efek, BADAN PENERBIT (ISSUING HOUSES) , BANK PEDAGANG (MERCHANT BANKS) dan sebagai pembeli dan penjual surat-surat berharga juga meliputi BANK SENTRAL (CENTRAL BANK) , BANK KOMERSIAL (COMMERSIAL BANKS), DANA PENSIUN (PENSION FUNDS), PERUSAHAAN ASURANSI (INSURANCE COMPANIES), UNIT PERWALIAN (UNIT TRUSTS), DAN PERUSAHAAN PERWALIAN INVESTASI (INVESTMENT TRUST COMPANIES) bersama-sama dengan individu-individu swasta, perusahaan industri dan investor asing dan lembaga-lembaga asing. Bursa efek melaksanakan dua fungsi utama, yaitu memberikan (a) sebuah pasar primer atau “penerbitan baru” di mana modal untuk investasi dan tujuan-tujuan lain dapat ditingkatkan melalui peiiorbitan efek-efek baru, saham, dan obligasi (lihat SHARE ISSUE), dan (b) sebuah pasar “sekunder” untuk melakukan perdagangan surat-surat berharga yang ada, termasuk perdagangan di masa depan (lihat FUTURE MARKET), yang mempermudah pengalihan surat-surat berharga dari penjual ke pembeli. Oleh karena itu, bursa efek berperan penting dalam sistem keuangan (financial system) suatu negara, dengan memberikan suatu mekanisme untuk menyalurkan tabungan pada investasi portofolio dan fisik. Di Inggris, Bursa Efek London adalah pusat perdagangan surat-surat berharga utama negara yang didukung oleh lima bursa di tingkat propinsi (Glasgow, Liverpool, Birmingham, York, dan Belfast). Untuk mendapatkan suatu daftar atau penetapan yang penuh untuk saham-saham mereda pada Bursa Efek London, maka perusahaan harus memenuhi beberapa persyaratan, yang meliputi pembuktian posisi keuangan dan sejarah perusahaan mereka, serta siap untuk menerbitkan paling sedikit 25% dari saham-saham mereka untuk investasi umum. Sebagai tambahan, peraturan-peraturan yang lebih fleksibel telah diberlakukan untuk meningkatkan modal tanpa mendapatkan suatu pendaftaran penuh (lihat UNLISTED SECURITIES MARKET).
Dalam tahun-tahun terakhir ini, pasar efek meluas ke tingkat dunia, seperti yang berlokasi di London, New York, Tokyo, Zurich, dan Paris, dan semakin saling tergantung sejalan dengan pertumbuhan perusahaan- perusahaan multinasional di mana surat-surat berharganya diperdagangkan pada sejumlah bursa, sementara lembaga keuangan dan perusahaan surat-surat berharga sendiri menjadi lebih berwawasan internasional. Hal ini menimbulkan tekanan persaingan yang mengakibatkan sejumlah perubahan-perubahan penting, khususnya dalam kasus bursa efek Inggris, yang meliputi (a) “letusan besar”, yaitu pemberhentian (di bawah peraturan KANTOR PERDAGANGAN YANG ADIL (OFFICE OF FAIR TRADING)) pengaturan kartel untuk menentukan komisi minimum pada transaksi surat-surat berharga dan pengakhiran pembagian fungsi broker efek dan pemborong secara tradisional (b; berbagai penggabungan dan usaha patungan antara perusahaan surat-surat berharga Inggris dan surat-surat berharga internasional serta kelompok-kelompok perbankan, sehingga dapat memberi pada pelanggan suatu layanan keuangan yang lebih beraneka ragam dan sebaran geografis; (c) komputerisasi sistem transaksi, menggunakan Sistem Penerapan Otomatis Bursa Efek (SPOBE), yang menyediakan suatu mekanisme untuk menghubungkan transaksi pembelian dan penjualan pada suatu dasar global. Hal ini secara luas telah mengubah usaha sehari- hari bursa dari suatu kehadiran langsung secara fisik pada lantai bursa menjadi perdagangan yang dapat dilakukan melalui telepon dan penggunaan terminal-terminal komputer VDU dalam ruangan-ruangan transaksi. Sebagai reaksi terhadap pertumbuhan dalam transaksi-transaksi internasional, maka! Bursa Efek London bergabung dengan Organisasi Pengaturan Surat-surat Berharga Internasional (OPSBI), yang mewakili perusahaan-perusahaan surat-surat berharga internasional. Bursa Efek London dan OPSBI sekarang mengoperasikan sebuah pasar tunggal untuk melakukan transaksi surat-surat berharga dalam dan luar negeri, yaitu “Bursa Efek Internasional London”.
Pasar efek Inggris diatur oleh Asosiasi Surat-surat Berharga (ASB) dan Asosiasi Pialang dan Pedagang Kontrak Masa Depan sesuai dengan standar yang beraneka ragam tentang praktek yang benar yang telah diatur oleh UNDANG-UNDANG PELAYANAN KEUANGAN (FINANCIAL SERVICES ACT), 1986. Lihat CAPITAL MARKET, CITY CODE, SPECULATOR, SHARE PURCHASESALE, SHARE PRICE INDEX, INSIDER TRADING, TAURUS.

PENGERTIAN BURSA EFEK ATAU PASAR EFEK | ok-review | 4.5