PENGERTIAN BIAYA PRODUKSI DAN FUNGSI PRODUKSI

By On Tuesday, January 21st, 2014 Categories : Ekonomi

PRODUCTION / PRODUKSI adalah tindakan mengkombinasikan FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI (FACTOR OF PRODUCTION) (tenaga kerja, modal, dan lain-lain) oleh PERUSAHAAN (FIRMS) untuk memproduksi output barang-barang dan jasa-jasa. Hubungan antara masukan dan output dalam bentuk fisik ditunjukkan oleh FUNGSI BIAYA (COST FUNCTION).
Lihat BATCH PRODUCTION, MASS PRODUCTION, FLEXIBLE MANUFACTURING SYSTEM.
PRODUCTION COST / BIAYA PRODUKSI adalah biaya mengubah MASUKAN FAKTOR (FACTOR INPUT) menjadi output barang dan jasa yang bernilai lebih tinggi. Biaya dari produk-produk manufaktur meliputi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, penyusutan dan pemeliharaan pabrik dan perlengkapannya, serta sewa, bunga, penerangan dan pemanasan dari gedung pabrik. Lihat juga PRODUCTION FUNTION, COST FUNCTION.
PRODUCTION FUNCTION / FUNGSI PRODUKSI adalah suatu fungsi yang memperlihatkan dalam taraf pengetahuan teknologi yang tertentu, hubungan antara kuantitas fisik dari MASUKAN FAKTOR (FACTOR INPUTS) dan kuantitas fisik dari output yang terlibat dalam produksi suatu barang atau jasa. Sepanjang kuantitas output tergantung pada kuantitas dari masukan yang digunakan, maka hubungan tersebut dapat dijelaskan dalam bentuk NOTASI FUNGSI
(F (FUNCTIONAL NOTATION) I
Q = / 0i> i2, – – – ln)
di mana Q = output dari suatu produk dan II, 12, dan seterusnya merupakan kuantitas dari berbagai masukan faktor 1,2, dan seterusnya, yang digunakan dalam memproduksi output yang bersangkutan.
Penting untuk ditekankan bahwa masukan-masukan faktor dapat dikombinasikan dengan berbagai cara yang berbeda-beda untuk memproduksi output dalam jumlah yang sama. Satu metode yang secara teknis paling efisien adalah metode yang menggunakan jumlah tenaga kerja yang kecil, sementara metode yang lain mungkin mempekerjakan jumlah tenaga kerja yang besar, dan hanya menggunakan sejumlah kecil modal. Dalam artian fisik, metode yang secara teknis paling efisien adalah metode yang menggunakan masukan yang peling sedikit. Para ahli ekonomi, lebih tertarik dengan aspek-aspek biaya dari hubungan antara masukan dan output biaya (lihat COST FUNCTION), khususnya cara yang mempunyai biaya yang paling sedikit dalam memproduksi suatu output tertentu. Hubungan ini dapat dianalisa dengan menggunakan KURVA KUANTITAS SAMA (ISOQUANT CURVES), PETA KUANTITAS SAMA (iSOQUANT MAPS) dan SINAR PROSES (PROCESS RAY).

PENGERTIAN BIAYA PRODUKSI DAN FUNGSI PRODUKSI | ok-review | 4.5