PENGERTIAN BIAYA OPORTUNITAS ATAU BIAYA EKONOMI

By On Thursday, January 9th, 2014 Categories : Ekonomi

OPPOTUNITY COST OR ECONOMIC COST / BIAYA OPORTUNITAS ATAU BIAYA EKONOMI adalah suatu ukuran dari biaya ekonomi dengan digunakannya sumber-sumber daya langka (MASUKAN FAKTOR (FACTOR INPUTS) ) untuk memproduksi suatu barang atau jasa tertentu dalam kaitannya dengan alternatif lain yang harus di┬Čkorbankan. Misalnya, apabila lebih banyak sumber daya digunakan untuk memproduksi makanan, maka akan lebih sedikit sumber daya yang tersedia untuk memproduksi minuman. Oleh karena itu, dalam Gambar 124, BATAS KEMUNGKINAN PRODUKSI (PRODUCTION POSSIBILITY BOUNDARY) memperlihatkan kuantitas makanan dan minuman yang dapat diproduksi dengan sumber-sumber daya langka masyarakat. Apabila masyarakat memutuskan untuk meningkatkan produksi makanan dari OFi ke OF2, maka hal itu akan menyebabkan berkurangnya sumbe daya untuk memproduksi minuman, sehingga produksi minuman akan menurun dari OD] ke OD2. Kemiringan dari batas kemungkinan produksi memperlihatkan TINGKAT TRANSFORMASI MARGINAL (MARGINAL RATE OF TRANSFORMATION) (rasio antara BIAYA MARGINAL (MARGINAL COST) dari memproduksi suatu barang dan biaya marginal dari memproduksi barang yang lain). Dalam praktek, tidak semua sumber daya dapat dipindahkan dengan segera dari satu penggunaan ke penggunaan yang lain (lihat SUNK COST) .
Dengan cara yang sama, apabila seorang langganan dengan pendapatan . yang terbatas memilih untuk membeli lebih dari satu barang atau jasa, maka dia hanya dapat melakukannya dengan cara melepaskan atau mengurangi konsumsi dari barang atau jasa yang lain. Pilihannya antara makanan dan minuman dicerminkan dalam KURVA INDEFEREN (INDEFERENCE CURIE:) II dalam Gambar 124. Kemiringan dari kurva indeferen itu memperlihatkan TINGKAT SUBSTITUSI MARGINAL (MARGINAL RATE OF SUBSTITUTION) konsumen (berapa banyak dari suatu jenis barang yang siap untuk dikorbankan dalam usaha untuk membebaskan pendapatan yang dapat digunakan untuk mendapatkan satu unit tambahan dari barang yang lain).
Apabila kurva indeferen II merupakan tipe pilihan semua konsumen antara makanan dan minuman, maka masyarakat akan berada pada OFl untuk makanan dan pada ODi untuk minuman, sehingga hanya pada titik A biaya kesempatan dari penggunaan sumber-sumber daya (kemiringan dari PP) akan sama dengan biaya kesempatan dari pembelanjaan pendapatan yang terbatas (kemiringan dari II).

PENGERTIAN BIAYA OPORTUNITAS ATAU BIAYA EKONOMI | ok-review | 4.5