PENGERTIAN BATAS KEMUNGKINAN PRODUKSI ATAU KURVA TRANSFORMASI

By On Tuesday, January 21st, 2014 Categories : Ekonomi

PRODUCTION POSSIBILITY BOUNDARY OR TRANSFORMATION CURVE / BATAS KEMUNGKINAN PRODUKSI ATAU KURVA TRANSFORMASI adalah suatu metode untuk menggambarkan masalah ekonomi tentang KELANGKAAN (SCARCITY). Batas kemungkinan produksi memperlihatkan jumlah maksimum barang-barang dan jasa-jasa yang dapat diproduksi oleh suatu perekonomian pada suatu waktu tertentu dengan sumber-sumber daya dan teknologi yang tersedia. Memperlihatkan sebuah batas kemungkinan produksi untuk mobil dan rumah sakit, dengan asumsi bahwa semua sumber daya digunakan secara penuh dengan cara yang paling efisien. Titik A merupakan produksi maksimum dari mobil jika tidak ada rumah sakit yang diproduksi, sementara titik B merupakan produksi maksimum dari rumah sakit jika tidak ada mobil yang diproduksi. Pada setiap (itik sepanjang batas tersebut, seperti C, terjadi suatu hubungan terbalik antara kedua barang tersebut. Produksi mobil dapat diperluas hanya dengan mengambil sumber-sumber daya dari produksi rumah sakit.
Batas tersebut berbentuk melengkung bukan suatu garis lurus, karena tidak semua sumber-sumber daya mempunyai efisiensi yang sama dalam memproduksi kedua produk tersebut. Oleh karena itu, daerah di dekat titik A di mana sejumlah besar mobil diproduksi sementara rumah sakit hanya sedikit yang dibangun, sejumlah besar tenaga kerja konstruksi telah dialihkan dari pembangunan rumah sakit untuk membuat mobil, dan karena mereka bekerja pada bidang teknik tidak seefisien kalau mereka bekerja pada bidang konstruksi, pada saat kita berpindah dari titik C ke titik A, maka kurva kemungkinan produksi semakin mendatar. Sebalik¬nya, daerah di dekat titik B di mana sejumlah besar rumah sakit sedang dibangun dan hanya memproduksi sedikit mobil, maka sejumlah besar pekerja teknik telah dialihkan dari pembuatan mobil ke pekerjaan konstruksi, dan karena mereka menjadi kurang efisien pada pekerjaan konstruksi dibandingkan dengan pembuatan mobil, maka pada saat kita berpindah dari titik C ke titik B batas tersebut akan semakin curam.
Titik U menunjukkan PENGANGGURAN (UNEMPLOYMENT). Kedua produk dapat semakin banyak diproduksi pada saat sumber-sumber daya yang menganggur digunakan secara penuh sampai pada batas tertinggi yang dapat dicapai batas kemungkinan produksi. Garis terputus-putus A’ B’ memperlihatkan bagaimana batas kemungkinan produksi cenderung bergerak ke arah luar dari wraktu ke waktu sebagai suatu akibat dari PERTUMBUHAN EKONOMI (ECONOMIC GROWTH) jangka panjang yang meningkatkan OUTPUT POTENSIAL (POTENTIAL OUTPUT). Seberapa jauh dan berapa cepat batas tersebut bergerak ke arah luar tergantung pada tingkat pertumbuhan ekonomi.
Lihat OPPORTUNITY COST, LINEAR PROGRAMMING, SUPPLY-SIDE ECONOMICS, PARETO OPTIMALITY, INTERTEMPORAL SUBSTITUTION.

PENGERTIAN BATAS KEMUNGKINAN PRODUKSI ATAU KURVA TRANSFORMASI | ok-review | 4.5