PENGERTIAN BARTER ATAU SISTEM PERTUKARAN BARANG

By On Friday, November 29th, 2013 Categories : Ekonomi

BARTER / BARTER ATAU SISTEM PERTUKARAN BARANG adalah PERTUKARAN (EXCHANGE) dari barang ekonomi atau jasa terhadap yang lainnya. Barter merupakan suatu mekanisme pertukaran, namun mempunyai beberapa masalah yang serius:
(a) untuk dapat melakukan barter harus ada pertemuan keinginan yang bertepatan yaitu, masing-masing pihak yang melakukan barter harus dapat menawarkan sesuatu yang diinginkan oleh yang lain. Sebagai contoh, seorang petani buah apel yang menginginkan jeruk manis, harus menemui petani jeruk manis yang menginginkan buah apel. Mencari pasangan yang sesuai dapat memakan waktu, bahkan mengurangi waktu untuk memproduksi barang-barang.
(b) walaupun pihak-pihak yang ingin melakukan barter telah bertemu, mereka harus sepakat mengenai nilai tukar, sebagai contoh, berapa buah apel yang akan ditukarkan untuk satu jeruk manis? Tawar menawar mengenai ukuran pertukaran juga membutuhkan waktu, dan apabila kesepakatan tidak tercapai di antara mereka maka masing-masing akan kembali mencari pasangan lain untuk melakukan barter.
Secara umum, barter merupakan sesuatu yang tidak efisien dalam mengorganisasi transaksi ekonomi dan telah lama digantikan dengan pemakaian sistem uang dalam ekonomi modern. Lihat COUNTER TRADE, BLACK ECONOMY.

PENGERTIAN BARTER ATAU SISTEM PERTUKARAN BARANG | ok-review | 4.5