PENGERTIAN RASIO TABUNGAN

By On Thursday, January 23rd, 2014 Categories : Ekonomi

SAVINGS BANK / BANK TABUNGAN adalah suatu lembaga keuangan yang menerima deposito dari para penabung, dan yang mengkususkan diri pada investasi dalam saham dan surat-surat berharga pemerintah. Beberapa dari bank- bank tabungan yang besar, seperti “Trustee Savings Bank (TSB)”, sekarang menawarkan pada para penabung kemudahan-kemudahan PERBANKAN KOMERSIAL (sebagai contoh, penggunaan dari buku cek).
Lihat juga FINANCIAL SYSTEM.
SAVINGS RATIO / RASIO TABUNGAN adalah bagian dari PENDAPATAN NASIONAL {NATIONAL INCOME) yang ditabung oleh rumah tangga (lihat PERSONAL SAVINGS RATIO) , oleh perusahaan-perusahaan dalam bentuk LABA DITAHAN (RETAINED PROFITS), dan oleh pemerintah dalam bentuk SURPLUS ANGGARAN (BUDGET SURPLUSES).
SAVINGS SCHEDULE / DAFTAR TABUNGAN adalah suatu daftar yang menggambarkan hubungan antara TABUNGAN (SAVINGS) dan tingkat PENDAPATAN (INCOME). Dalam MODEL ARUS MELINGKAR PENDAPATAN NASIONAL (CIRCULAR FLOW OF NATIONAL INCOME) , semua konsumsi dan tabungan dilakukan oleh rumah tangga. Pada tingkat PENDAPATAN YANG DAPAT DIBELANJAKAN (DISPOSABLE INCOME) yang rendah, rumah tangga mengkonsumsi lebih besar dari pendapatan mereka sekarang (lihat DISSAVINGS). Pada tingkat pendapatan yang dapat dibelanjakan yang lebih tinggi, mereka mengkonsumsi hanya sebagian dari pendapatan mereka sekarang dan menabung sisanya, sebagaimana diperlihatkan. Oleh karena itu, daftar tabungan diperoleh dengan mengurangkan DAFTAR KONSUMSI (CONSUMPTIONSCHEDULE) dari garis 45°, seperti yang diperlihatkan pada bagian bawah gambar. Kemiringan dari daftar tabungan adalah sama dengan KECENDERUNGAN MARGINAL UNTUK MENABUNG (MARGINAL PROPENSITY TO SAVE).
Lihat juga LIFE-CYCLE HYPOTHESIS, PERMANENT-INCOME HYPOTHESIS.

PENGERTIAN RASIO TABUNGAN | ok-review | 4.5