PENGERTIAN ASAM FOLAT

By On Saturday, March 15th, 2014 Categories : Review

Atau asam pteroilglutamat (PGA), atau folasin, termasuk dalam grup vitamin B dan me­rupakan salah satu vitamin yang diperlukan oleh tu­buh dalam proses metabolisme yang normal. Nama­nya berasal dari kata Latin folium yang berarti daun, karena vitamin ini pertama kali ditemukan dalam sa­ri daun bayam. Strukturnya terdiri atas pteridina, asam para amino benzoat (PABA), dan asam gluta­mat. Di alam ditemukan beberapa derivat asam fo- lat. Perbedaannya terletak pada jumlah asam glu­tamat.
Asam folat, vitamin yang larut dalam air, banyak ditemukan pada berbagai makanan yang sering dikon­sumsi oleh manusia, misalnya kuning telur, hati, sa­yuran berdaun hijau, ragi, dll. Beberapa derivat asam folat rusak pada proses pengolahan bahan makanan, misalnya pada pemanasan sampai mendidih. Selain didapatkan dari makanan, vitamin ini dibuat pula oleh bakteri usus. Karena itu kebutuhan akan asam folat dengan mudah dapat terpenuhi, dan sangat jarang ter­jadi defisiensi vitamin ini. Namun, keadaan kekurang­an PGA dapat dibuat di laboratorium pada binatang percobaan. Gejala yang ditimbulkannya adalah ane­mia, diare, dan gangguan sistem pencernaan lainnya. Karena pertukaran sel darah merah lebih cepat dari­pada sel-sel lain di dalam darah, maka biasanya defi­siensi asam folat tampak sebagai anemia megaloblas- tik. Jumlah sel darah merah serta kadar hemoglobin menurun, sedangkan di dalam sumsum tulang dite­mukan sel megalob/as, yaitu sel darah merah yang be­lum matang dan lebih besar dari biasa, yang menun­jukkan gangguan pematangan sel darah merah.
Dalam tubuh asam folat penting untuk pertumbuh­an dan pembelahan sel. Bentuk reduksinya merupa­kan ko-enzim yang bekerja pada pemindahan grup 1- karbon. Proses transfer tersebut terjadi pada langkah terakhir pembentukan purina dan pirimidina, yang merupakan bahan utama dalam pembentukan asam nukleat. Gangguan dalam pembentukan asam nukleat dapat menyebabkan gangguan yang luas, dan yang ter­peka adalah proses pembentukan sel darah merah.
Antagonis asam folat seperti metotreksat dan ami- nopterin dipakai pada pengobatan kanker karena da­pat menghambat pembelahan sel, terutama sel kan­ker yang pembelahannya cepat. Obat-obat sulfa mem­punyai efek menghambat pembentukan asam folat pa­da bakteri, sehingga dapat dimanfaatkan untuk peng­obatan beberapa penyakit radang.

PENGERTIAN ASAM FOLAT | ok-review | 4.5