PENGERTIAN ANGKA INDEKS

By On Thursday, December 19th, 2013 Categories : Ekonomi

INDEX NUMBER / ANGKA INDEKS adalah suatu nilai angka yang menggambarkan ukuran relatif dari suatu VARIABEL (VARIABLE?) dalam suatu periode yang sedang diselidiki dibandingkan dengan ukurannya pada suatu TAHUN DASAR (BASE YEAR) yang telah ditentukan. Sebagai contoh, suatu indeks harga eceran mengambil sampel barang dan jasa yang sama setiap periode dan mengukur harga rata-rata dari kumpulan barang dan jasa tersebut, kemudian menampilkan harga rata-rata ini dalam bentuk angka indeks tunggal.
Periode dasar dari indeks, dengan persetujuan, adalah angka indeks 100. Indeks Harga Eceran untuk Inggris, periode atau tahun dasar (sekarang ini) adalah tahun 1987 dan perubahan persentase berikutnya dimulai dari tahun tersebut. Sehingga pada tahun 1992 Indeks Harga Eceran adalah sebesar 139, yang menyatakan harga-harga eceran meningkat sebesar 39% secara rata-rata antara tahun 1987 dan 1992.
Tanpa mempedulikan berapa besar indeks dasar tetap sama, harga, volume atau nilai angka indeks dasar tetap sama, untuk memperlihatkan secara sederhana dan singkat perubahan ukuran suatu variabel dari suatu periode ke periode yang lain. Lihat PRICE INDEX, INDEXATION, INDEX-LINKED.

PENGERTIAN ANGKA INDEKS | ok-review | 4.5