PENGERTIAN ANGGARAN PEMERINTAH DAN ANGGARAN PERUSAHAAN

By On Friday, November 29th, 2013 Categories : Ekonomi

BUDGET (FIRM) / ANGGARAN PERUSAHAAN adalah perencanaan penerimaan dan pengeluaran suatu perusahaan dalam periode tertentu. Anggaran penjualan tahunan atau bulanan, produksi, biaya dan biaya modal memberikan arti bagi perusahaan untuk merencanakan kegiatan masa depannya, dan dengan mengumpulkan data tahunan perusahaan dapat mengawasi kegiatan-kegiatan tersebut lebih efektif.
BUDGET (GOVERNMENT) / ANGGARAN PEMERINTAH adalah suatu laporan keuangan berupa penerimaan dan pengeluaran yang direncanakan oleh pemerintah untuk tahun fiskal. Sumber utama dari penerimaan, adalah pajak yang terdiri dari pajak pendapatan dan pajak pengeluaran dan PENERIMAAN DARI ASURANSI NASIONAL (NATIONAL INSURANCE). Bagian utama dari pengeluaran pemerintah adalah penyediaan barang dan jasa (pembayaran gaji untuk jasa kesehatan, pendidikan, polisi dan pembayaran jasa publik lainnya) serta PEMBAYARAN UNTUK JASA-JASA SOSIAL (TRANSFER PAYMENTS), pensiun, dan lain sebagainya.
Anggaran mempunyai 2 manfaat utama: (a) anggaran tersebut menyusun dasar perencanaan keuangan pemerintah dalam jangka yang lebih panjang dari komitmen ekonomi dan sosialnya; (b) anggaran adalah suatu instrumen kebijakan fiskal dalam mengatur tingkat (dan komposisi) permintaan agregat suatu perekonomian, SURPLUS ANGGARAN (BUDGET SURPLUS) (penerimaan lebih besar dari pengeluaran) menurunkan tingkat penerimaan agregat, di sisi lain, DEFISIT ANGGARAN (BUDGET DEFICIT) (pengeluaran lebih besar dari penerimaan) meningkatkan permintaan agregat. Menunjukkan anggaran Inggris yang defisit (dan surplus) dari tahun-tahun sebelumnya. Lihat DEMAND MANAGEMENT, PUBLIC FINANCE.

PENGERTIAN ANGGARAN PEMERINTAH DAN ANGGARAN PERUSAHAAN | ok-review | 4.5